4 Tempat Wisata di Sragen yang Fenomenal

Wednesday, December 28th, 2016 - Tempat Wisata

Seputarwisata.com (Sragen) – Sragen merupakan satu kabupaten yang berada di wilayah Jawa Tengah. Kabupaten Sragen berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur. Sekitar 30 km sebelah timur Kota Surakarta. Sragen masuk dalam jajaran Karisidenan Surakarta, lainnya Kabupaten Wonogiri, Karanganyar, Boyolali, Surakarta, dan Klaten. Meskipun Sragen Kabupaten kecil namun Kabupaten ini memiliki tempat wisata yang bagus. Bahkan ada tempat wisata yang mendunia. Berikut ini tempat wisata di Kabupaten yang populer untuk wisatawan.

1. Museum Sangiran
Sangiran merupakan sebuah situs arkeologi yang terkenal hingga mendunia. Secara geografis situs Sangiran terletak di antara Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar. Area ini memiliki luas 48 km2 dan 15 km sebelah utara Kota Surakarta. Situs sangiran diteliti oleh seorang ilmuwan antroplologi dari Jerman Gustav Heinrich Ralph von Koenigswal pada tahun 1936-1941. Ilmuwan ini menemukan 50 fosil lebih makhluk hidup purbakala.

Bagi anda pecinta wisata sejarah, tempat ini cocok sebagai destinasi wisata. Selain itu, kawasan wisata Museum Sangiran ini cocok untuk edukasi pelajar adanya zaman prasejarah. Selain museum dengan beberapa fosil yang dipamerkan, anda disini juga bisa melihat proses penemuan fosil hingga karakteristik hewan lewat film yang diputarkan di gedung film. Fasilitas di museum sangiran pun juga lengkap dengan beragam penataannya. Bila anda ingin memiliki miniatur, aksesories, dan barang-barang berupa kepurbakalaan anda dapat membelinya di sini. Di kawasan Sangiran banyak menjual barang-barang seni tersebut.

Berbeda dengan museum lainnya yang terkesan memberi jarak dengan pengunjungnya. Di museum Sangiran pengunjung dapat merasakan langsung sensasi benda purbakala yang ditawarkan dengan tidak memberi kaca sebagai jaraknya. Museum purbakala ini tidak jarang menempatkan fosil di tempat terbuka agar pengunjung bisa menyentuhnya. Tidak hanya itu, museum ini juga membuat bermacam-macam patung berbagai spesies makhluk hidup dalam ukuran sebenarnya (real life) dengan latar belakang lukisan pemandangan pada masa itu.

Berkunjung ke museum sangiran anda tidak perlu membawa tour guide karena untuk menjelaskan tentang kronologi masa per masa sudah dilengkapi dengan teknologi komputer. Jadi anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang lebih untuk menyewa tour guide.

Untuk sampai ke tempat ini Anda tidak perlu khawatir karena ditempat ini cukup banyak transportasi yang tertuju ke Sangiran. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi akses jalannya juga mudah dan terjangkau. Lokasi Desa Krikilan, kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen Jawa Tengah.

Museum sangiran ini dibuka setiap hari kecuali hari Senin. Jam berkunjung pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Harga tiketnya pun tidak terlalu mahal anda cukup membayar 5 ribu rupiah saja untuk domestik dan 7,5 ribu untuk wisatawan asing.

2. Taman Dayu Park
Objek wisata Dayu Park saat ini menjadi primadona wisata di Kabupaten Sragen. Objek wisata ini menawarkan suasana pedesaaan dengan sentuhan modern. Dayu Park atau lebih dikenal Taman Dayu Park merupakan tempat wisata yang cocok untuk keluarga dan anak-anak.

Di tempat ini banyak menawarkan wahana-wahana mulai dari bermain hingga edukasi. Ada kebun binatang mini (Mini Zoo) dengan koleksi satwa dunia seperti, Elang, Rusa, Burung Merak, Kangguru, dan ular. Selain itu, dikompleks yang sama dekat kebun binatang anda juga bisa mengajak anda belajar tata tertib lalu lintas lewat taman lalu lintas.

Untuk anda pecinta wahana air, di sini juga terdapat kolam renang dengan fasilitas dan wahana bermain air yang mengasyikkan. Sedangkan bagi anda yang suka dengan kegiatan alam, anda bisa mencoba mengelilingi sunga Dayu dengan menyewa perahu Kano yang telah disewakan. Selain itu, bagi anda yang suka berkegiatan yang menantang anda dapat mencoba flying fox.

Pengunjung yang dari luar kota tidak perlu khawatir mencari penginapan, karena di Taman Dayu Park ini menyewakan penginapan dengan harga yang terjangkau. Taman Dayu Park terletak di Dayu, Desa Saradan, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Untuk memasuki kawasan wisata ini pengunjung dapat membeli tiket masuk dan bila ingin bermain dengan wahana lain pengunjung dapat membeli tiket tersendiri sesuai wahana dari 10 ribu hingga 50 ribu rupiah.

3. Waduk Kedungombo
Kedungombo adalah sebuah bendungan atau waduk buatan yang dibuat oleh pemerintah. Waduk Kedungombo secara administratif terletak di tiga Kabupaten, yakni Kabupaten Sragen, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Grobogan. Waduk ini merupakan pertemuan Sungai Uter dan Sungai Serang yang terletak di dukuhan Kedungombo. Luas Waduk Kedungombo sekitar 6.576 Ha yang terdiri dari 2.830 lahan perairan dan 3.746 Ha daratan.

Sejak dibangunnya Waduk Kedungombo, wilayah ini telah dijadikan sebagai objek wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah. Meskipun berupa waduk fasilitas yang disediakan objek wisata Waduk Kedungombo cukup lengkap dan sangat memadai. Objek ini sudah terdapat toilet, gardu pandang, dan tempat duduk santai.

Bagi anda pecinta makanan disini banyak warung makan yang menyediakan menu makanan ikan khas Kedungombo. Jadi anda tidak perlu khawatir akan kelaparan di sini. Harganya pun tidak begitu mahal. Bila anda ingin merasakan sensasi makan di tengah waduk dengan dikelilingi air, di sini juga terdapat warung apung dengan pemandangan dan hembusan angin yang menyegarkan.

Selain itu, bila anda ingin mengarungi Waduk Kedungombo tempat ini juga menyewakan perahu motor dengan satu perahu rombongan. Rute perjalanan ke Waduk Kedungombo dari Solo dapat ditempuh melewati Kalioso – Gemolong – Sumberlawang – Geyer – Waduk Kedungombo. Untuk harga tiketnya terjangkau, hanya 5 ribu rupiah saja anda sudah bisa menikmati kawasan Waduk Kedungombo yang rindang ini.

4. Desa Wisata Batik Kliwonan
Berbeda dengan objek wisata sebelumnya yang menawarkan alam dan wahana. Sesuai namanya Desa Wisata Batik Kliwonan ini merupakan sebuah wisata yang menawarkan kearifan lokal masyarakat Desa Kliwonan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen. Tempat ini menawarkan sentra kerajinan batik khas Desa Kliwonan.

Batik yang diproduksi di Desa Kliwonan ini berbeda dengan batik daerah lainnya. Motif dan coraknya pun lebih menarik dan bagus. Di Desa Wisata Batik Kliwonan ini pengunjung bisa membeli oleh-oleh berupa kain batik dan dapat melihat langsung proses pembuatan batik. Apabila anda berminat dan ingin belajar membatik di desa in juga menyediakan tempat menginap di rumah warga yang disulap menjadi homestay. Di Desa ini anda akan disuguhkan dengan berbagai macam aktifitas yang mengasyikkan, seperti belajar membatik, jelajah desa, memancing, membuat kerajinan dari tanah liat hitam, edukasi herbal, serta outdoor photography. Untuk memasuki desa wisata ini anda tidak perlu membayar. Bagaimana?anda tertarik. Silakan datang langsung dan nikmati sensasi Desa Wisata Batik Kliwonan, Sragen Jawa Tengah.

Inilah 4 destinasi wisata di Kabupaten Sragen yang populer dan menjadi unggulan wisata Sragen. Dari yang wisata sejarah, wisata alam, hingga edukasi kerajinan ada di Kabupaten Sragen ini.

Pictures gallery of 4 Tempat Wisata di Sragen yang Fenomenal

  • waduk-kedungombo
  • taman-dayu-park
  • museum-sangiran
  • desa-wisata-batik-kliwonan
4 Tempat Wisata di Sragen yang Fenomenal | yunita m | 4.5
Leave a Reply