Seputar Tempat & Obyek Wisata di Pulau Lombok

Thursday, October 15th, 2015 - Alam, Tempat Wisata

Seputarwisata.com –  Pulau Lombok adalah salah satu destinasi tempat wisata di bagian timur pulau dewata bali, Pulau ini memiliki berbagai tempat destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi yang menawarkan perpaduan antara wisata bahari dan budaya yang dimiliki oleh suku-suku yang ada di Lombok, adapun beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara adalah Gunung Rinjani, Pantai Senggigi dan Pura Mayura.

Pulau Lombok ini juga dikenal dengan sebagai salah satu destinasi terbesar dan memiliki keanekaragaman tempat wisata pulau lombok, adapun beberapa destinasi tempat wisata yang berada di pulau lombok ini dibagi menjadi Bagian pulau lombok Barat dan Pulau Lombok Tengah. Pulau Lombok juga dikenal sebagai Pulau Nusa tenggara, Sedangkan pusat pemerintahannya berada di Mataram sebagai Ibu kota Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Mayoritas penduduk pulau lombok adalah golongan dari suku saksak, namun yang banyak mendiami pulau lombok saat ini adalah masyarakat dari Bali Timur tepatnya berasal dari kerajaan karang asem yang mayoritas mereka memisahkan diri dan menggunakan bahasa bali untuk menggunakan percakapan sehari-hari. Sedangkan Mataram adalah kota terbesar yang ada di Pulau Lombok  yang merupakan gabungan dari empat kota yang memiliki  wilayah yang lebih kecil yaitu Cakranegara sebagai salah satu tempat dan wilayah perdagangan, Ampenan sebagai wilayah pelabuhan, dan mataram sebagai salah satu tempat pusat keramaian dan pusat kota.

Adapun beberapa tempat wisata di Pulau Lombok  sebagai refrensi berlibur anda bersama pasangan atau tempat bulan madu yang konon katanya pulau di Lombok ini lebih bagus dari pada pulau yang berada di Bali namun untuk surga tempat wisata snorkling yang bagus ada pada tempat wisata raja ampat. Berikut ini beberapa tempat wisata yang berada di Mataram:

1. Makam Jendral Van Ham

Ekspedisi Belanda yang dipimpin oleh   Jendral JA Vetter tiba di kepulauan Lombok pada tanggal 5 juli 1895, dan Wakil komandan ekspedisi tersebut dipimpin oleh  Jendral Van Ham,  akibat kedatangannya ditanah Lombok ini, terjadilah penolkan besar-besaran dan pertempuran sengit antara Belanda dan Raja Mataram  dan mengakibatkan tewasnya Jendral Van Ham yang dimakamkan di dekat pemakaman Umat Hindu di wilayah Karang Jangkong, Daerah Tersebut berada  1 Km dari Kota Mataram.

Makam Jendral Van Ham

Makam Jendral Van Ham

Lokasi Makam Jendral Van Ham ini berada di tengah-tengah kota dan dilewati dengan kendaraan umum, banyak kendaran yang dipergunakan adalah angkutan rakyat yang banyak  beroperasi di jalan dengan tarif yang murah dan kendaraan tradisional  Cidomo atau dengan kereta Kuda. Adapun makam Jendral Van Ham ini buka dari Jam 08.00-18:00 dengan harga tiket  dewasa sebesar Rp.8000,- dan untuk anak-anakn sebesar Rp.5000 dan untuk wisatawan asing sebesar Rp.12.000 untuk alamatnya berada di Jl. Udayana No. 14, Mataram. Telpon: (0370) 645126

2. Pura Mayura

Mayura merupakan salah satu tempat wisata lombok  yang dikenal dengan sebutan  Burung Merak, kata Mayura ini diambil dari bahasa Sansekerta yang berlokasi di Cakranegara A.A Made Karangsem pada tahun 1744 dengan nama Taman Kelpug, Taman ini berganti nama dengan sekarang ini oleh Raja Mataram A.A Ngurah  pada tahun 1866.   Taman Mayura ini  terdapat banyak bangunan terapung yang dinamakan denga Bale Kambang yang zaman dahulu dipergunakan  untuk pengadilan kasus pada zaman belanda, juga terdapat banyak burung merak sehingga sesuai dengan namanya burung merak,  Pura Mayura ini  terletak tidak jauh dari Narmada yang dapat membutuhkan waktu sekitar 15 menit yang berlokasi di Jalan Selaparang Cakranegara kurang lebih 3 km dari Mataram. Untuk Jam Buka Pura Mayura ini dari pukul 08:00 sampai dengan pukul 18:00  untuk harga tiket masuk sebesar Rp.8000 untuk dewasa dan untuk wisatawan asing sebesa Rp.12.000.

Pura Mayura

Pura Mayura

3. Pura Meru.

Pura meru adalah sebuah pura yang berada berdekatan dengan Taman Mayura yang diangun bersamaan pada tahun 1720, Letaknya sangat strategis berada di tengah kota Cakranegara. Dengan letak yang tidak jauh dari pusat kota, Pura meru ini dapat diajangkau dengan mudah dengan kendaraan umum, juga terdapat hotel berbintang di seputaran Pura Meru ini. Pada tahun 1720 Pura ini dibangun pada pengawasan Anak Agung Gede Karang Asem yang telah menguasai Pulau Lombok yang sempat berkuasa di sebagian Pulau  Lombok pada tahun 1740 sampai dengan 1894.  Pura ini merupakan salah satu pulau yang sangat menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Pura Meru

Pura Meru

Pura Mura digunakan sebagai salah satu tempat sembayang bagi umat yang beragama Hindu, Dengan tiga halaman yang membentang dari Barat sampai ke Timur, Halaman paling Barat terdapat Rumah kulkul atau kentongan. Terdapat dua bangunan besar yang berundak-undak/tangga. Bangunan pura ini digunakan untuk menyusun sesaji untuk sesembahan setiap harinya, di Pura Mura ini terdapat bangunan paling timur dengan tiga buah menara yang menjulang tinggi  dengan susunana konsep yang unik dan sangat khas.   Susunan Atap ini terdapat menara tengah dan sembilan susun untuk menara yang berada di kiri dan kanan yang melambangkan Dewa Shiwa, Dewa Wisnu dan Dewa Brahma.

Pura Mura yang terletak ditengah kota ini sangat mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum yaitu angkotan yang banyak beroperasi dengan tarif yang murah  dengan jarak tempuh dari pelabuhannya sekitar 20 km untuk jarak dari Bandara Selaparang bisa ditempuh dengan perjalanan mencapai 5 km. Untuk waktu jam bukanya sekitar dari jam 08:00 sampai dengan 18:00,  dengan harga tiket untuk dewasa Rp.8000,- dan untuk wisatawan asing sebesar Rp.12.000

Adapun beberapa obyek rekreasi selain dari

Mataram sebagai salah satu pusat kota keramain kota lombok tidak terlepas dari  Lombok Barat yang berada paling barat provinsi Nusa Tenggara Barat, adapun beberap obyek wisata di Lombok Barat adalah sebagai berikut:

1.Taman Narmada

Taman Narmada ini berada di wilayah timur Cakranegara yang merupakan salah satu bentuk replika dari Gunung Rinjani yang dibangun  ketika Masa awal abad ke 19  ketika kerajaan  Karang Asem, taman tersebut dibangun sebuah Pura Suci Narmada untuk tempat persembahayangan yang dipimpin oleh Pendeta.   Sampai saat ini Taman Narmada menjadi salah satu rekreasi yang selalu ramai, Di Dalamnya terdapat sebuah air yang konon air tersebut diambil dari Gunung Rinjani yang dipercaya dapat membuat pemakainya menjadi awet muda. Untuk menuju ke Taman Narmada ini membutuhkan waktu selama 20 menit dari pusat kota Mataram dengan menggunakan angkutan kota.

Taman Narmada

Taman Narmada

2.  Pura Lingsar

Pura Lingsar berada disebelah utara Narmada yang merupakan tempat pemujaan atau ibadah untuk umat yang beragama Hindu yang berdampingan dengan suku saksak yang beragama islam, pura ini didirikan pada tahun 1714  dengan meyakini bahwa upacara ini dilakukan supaya tuhan memberikan hujan yang dilaksanakan sebagai wujud syukur atas datangnya hujan dan kemakmuran bagi umat beragama.  Kedua agama ini ketika akhir bulan November melakukan sebuah ritual yang dinamakan dengan Perang Topat yang diawali dengan upacara sembahyang  sesuai dengan kepercayaannya masing-masing. Untuk menuju ke Pura Lingsar ini dapat dijangkau dengan angkutan kota dengan ongkos kirim sebesar Rp.4000 ribu rupiah.

Pura Lingsar

Pura Lingsar

3. Pura Suranadi

Pura Suranadi adalah salah satu pura suci yang berada di Lombok sebelah timur kota Mataram  yang paling banyak dikunjungi  baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara, Suranadi memiliki mata air yang hidup dikolam yang didalamnya dianggap suci dan tidak boleh ada penangkapan ikannya selain itu ada juga jenis-jenis burung yang berada di Pura Suranadi  yang dapat dijangkau  5 km dari Pura Narmada.

Pura Suranadi

Pura Suranadi

4. Pusuk

Pusuk merupakan sebuah puncak yang berada di kawasan Hutan Rinjani, pusuk menjadi salah satu destinasi yang menarik untuk tempat persinggahan baik  turis asing mancanegara maupun bagi wisatawan lokal, Sebelum menuju wisata pantai lombok yang berada disebelah utara lombok seperti pantai gili Air, Gili Meno dan Gili Terawan di Kecamatan Pemenang. Pusuk ini dapat dijangkau dari Pusat Kota Mataram yang berjarak 10  km, Cukup jauh juga bagi anda yang berada di Mataram.

Pusuk

Pusuk

5. Pura Batu Bolong

Batu Bolong merupaka salah satu tempat wisata lombok  yang beredakatan dengan tempat wisata pantai di Lombok, Wisata dekat pantai ini memiliki keunikan yang begitu mewah, yang mana sebuah batu yang berlubang cukup besar ditengahnya. Di sebuah batu karang yang besar tersebut berdiri diatasnya Batu karang. Pura ini berhadapan dengan selat Lombok dan Gunung Agung Bali. Pura Batu Bolong sering digunakan oleh Masyarakat yang beragama Hindu untuk upacara-upacara keagamaan oleh masyarakat yang beragama Hindu. anda dapat menikmati sajian matahari terbenam disekitaran Pura Batu Bolong tersebut . Untuk menjangkau Pura batu Bolong tersebut anda dapat menjangkaunya dengan perjalanan selama 15 menit.

Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong

Wisata Lombok ini dapat dijangkau dari pusat keramaian kota Mataram, jika anda saat ini ingin berkunjung di beberapa tempat wisata pantai di lombok seperti yang akan kita ulas dibeberapa artikel lainnya  untuk  tempat wisata lombok

Pictures gallery of Seputar Tempat & Obyek Wisata di Pulau Lombok

  • Taman Narmada
  • Pusuk
  • Pura Suranadi
  • Pura Meru
  • Pura Mayura
  • Pura Lingsar
  • Pura Batu Bolong
  • Makam Jendral Van Ham
Seputar Tempat & Obyek Wisata di Pulau Lombok | admin | 4.5
Leave a Reply