Seputar Tempat Wisata di Surabaya Yang Wajib Anda Kunjungi.

Wednesday, June 1st, 2016 - Tempat Wisata

Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia. Memiiki wilayah yang sangat luas dengan kepadatan penduduk mencapai 3 juta jiwa. Kota ini sebagai salah satu pemasok barang-barang bahan pokok ke wilayah Indonesia Timur. Hal itulah yang menjadikan barang di wilayah bagian timur Indonesia seperti papua menjadi mahal. Selain menjadi kota perdagangan dan binis kota surabaya juga sebagai kota Industri , pendidikan dan kota wisata. Mau tahu apa saja wisata di Surabaya yang wajib anda kunjungi ketika berada di tempat tersebut. Letak surabaya yang strategis inilah yang menjadikan tempat ini sebagai pusat bisnis paling timur di Pulau Jawa karena berbatasan langsung dengan laut jawa dan selat madura dan letaknya berada di tepi pantai utara Pulau Jawa paling timur. Dua pelabuhan besar yang berada di Kota ini adalah Pelabuhan tanjung perak dan pelabuhan ujung.

Selayang Pandang Sejarah Kota Surabaya
Surabaya adalah salah satu kota yang memiliki filosofis yang tinggi terutama dari susunan kata yang dipakai dalam bahasa jawa. Kata tersebut muncul ketika pertempuran antara Ikan dan Buaya, ikan yang dilambangkan dengan bahasa Sura atau Suro yang berarti Ikan Hiu dengan Baya atau Boyo yang berarti Buaya. Sehingga pemberian nama Surabaya ini muncul ketika terjadi sebuah pertempuran pada zaman kolonial , sejarah panjang terjadi di kota ini. Sampai sekarang kota ini masih dikenal dengan sebutan kota pahlawan yang menunjukan perjuangan pemuda Surabaya dalam mempertahankan bangsa Indonesia dari penjajah.

Adapun transportasi yang digunakan untuk menuju ke Surabaya adalah dengan mengunakan Transportasi Darat dan Udara untuk transportasi darat dapat menggunakan angkutan umum seperti Bus antar kota dan Surabaya juga terhubung jalur darat Nasional dengan rute 1 yaitu dari Merak sampai Surabaya dan dengan rute 15 dari Yogyakarta sampai dengan Surabaya. Untuk hubungan jalur transportasi udara dengan menggunakan pesawat yang terhubung untuk seluruh mancanegara atau internasional yang berada di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sedangkan untuk hubungan bus antarkota dipusatkan di dua terminal yaitu terminal bus purbaya dan terminal bus tambak.

Tempat Wisata Pantai Ria Kenjeran

Pantai Ria KenjeranPantai Kenjeran berlokasi di kecamatan kenjeran yang letaknya tidak jauh dari pusat kota sekitar 9 km. Wisata ini juga disebut dengan pantai ria kenjeran yang merupakan satu satunya wisata pantai di daerah tempat wisata Surabaya. Sehingga banyak wisatawan likal yang berkunjung ketika akhir pekan untuk melepaskan kepenatan dan kebisingan. Selain menikmati keindahan pantai, hembusan angin sepoi-sepoi- percikan air laut juga tersedia beberapa fasilitas untuk menambah kenyamanannya.

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung dan wisatawan lokal, Pantai kenjeran tersebut dilengkapi fasilitas pemancingan, kolam renangm tempat ibadah dan beberapa penjual souvenir sehingga anda tidak usah mencari buah tangan untuk dibawa pulang. Di pantai kenjeran tersebut juga terbangun koko bangunan patung dewi Kwan im yang dapat terlihat jelas dengan melihatnya ketengah laut. Dengan merogoh kocek 5 ribu rupiah anda sudah dapat menaikki perahu. Untuk menuju ke pantai ini anda dapat menggunakan bus damri dari terminal Bungurasih, turun di Joyoboyo. Setelah itu naik angkot ke Kenjeran. Dengan merogoh kocek 15 ribu, anda bisa mendapatkan tiket yang dibuka setiap hari.

Tempat Wisata Monumen Kapal Selam Surabaya.

Monumen Kapal Selam SurabayaMonumen Kapal Selam Surabaya terletak di daerah plasa Surabaya, tepatnya di jalan pemuda No.39 di Jantung Kota Surabaya. Mengapa monumen tersebut dinamakan monumen kapal selam, karena menurut sejarah yang terjadi bahwa Kapal selam tersebut adalah sebuah peninggalan masa pembebasan irian barat atau sekarang dikenal dengan papua. Kapal tersebut merupakan buatan dari Vladi Wostok Rusia tahun 1952. Mulai tidak digunakan lagi beroperasi dan resmi menjadi monumen pada tanggal 15 Juli 1998. Bila anda ingin melihat Monumen Kapal Selam Surabay dapat dijangkau menggunakan bus dari terminal Bungurasih bisa menuju ke jurusan Gubeng , apabila menggunakan transportasi kereta api dapat berjalan kaki menuju Monumen tersebut berjarak 100 meter. Adapun jam buka Monumen Kapal Selam dapat masuk dengan tiket sebesar Rp.10.000,- dengan disediakan beberapa fasilitas seperti kolam renang, rekreasi air dan beberapa fasilitas lainnya.

Tempat Wisata Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan SurabayaTugu Pahlawan Surabaya merupakan salah satu bangunan untuk memperingati perjuangan pemuda surabaya dalam melawan penjajah pada tanggal 10 November 1945, pada hari tersebut bangsa Indonesia mengenangnya dengan sebutan hari pahlawan dimana para pemuda surabaya banyak yang meninggal dunia ketika peperangan melawan penjajah. Adapun lokasi tugu pahlawan berada ditengah-tengah jalan pusat kota surabaya seperti Jl.Pahlawan, Jl. Bubutan, Jl. Tembaan, dan Jl. Kebon Rojo. Letekanyapun dapat dijangkau dengan mudah yaitu berada dekat dengan kantor gubernur jatim, dekat kantor pos, dan dekat bank Indonesia.

Adapun Transportasi menuju ke tugu pahlawan tersebut dapat melalui terminal bungurasih naik bus damri jurusan JMP. Tidak ada pungutan apapun namun untuk memasuki museum 10 november ada biaya yang harus dikeluarkan.

Tempat Wisata Kebun Binatang Surabaya.

Kebun Binatang SurabayaSalah satu kebun binatang yang berada di Setail Surabaya, dengan harga tiket masuk sebesar 15 ribu, adapun menurut sejarah yang ada bahwa kebun binatang ini pernah menjadi kebun binatang terlengkap se Asia Tenggara karna meili 351 Spesies yang berbeda baik dari Reptilia , Mamalia, Aves dan Pisces. Namun, pada tahun 2010 yang lalu Kementrian kehutanan mencabut perizinannya sebagai kebun binatang dikarenakan banyak hewan yang mati seperti Harimau Sumatera, Komodo, Singa Afrika, Buaya Rusa dan beberapa binatang lainnya.

Tempat Wisata Ciputra Waterpark

Ciputra WaterparkWaterpark yang ada di Surabya ini merupakan salah satu wisata air yang dibangun diatas tanah 5 hektar oleh Perusahaan Ciputra Group dan disinyalir menjadi wisata terbesar yang ada di Indonesia. Berada di kawasan Ciputra Surabaya disebelah kampus Universitas Ciputra. Sebuah wisata yang dibangun atas inspirasi dari petualang Sinbad, sehingga pada hari libur Wisata air Surabaya ini menghadirkan pagelaran teater Sinbad. Adapun Harga tiket untuk masuk ke Ciputra Waterpark ini dibandrol dengan harga 90 ribu untuk akhir pekan liburan, sedangkan untuk hari biasa sebesar 70 ribu, dan akan dapatkan free ticket bagi orang tua diatas umur 60 tahun. Adapun waktu buka waktu liburan dibuka mulai pukul 08.00 sampai dengan 20.00 sedangkan hari biasa dari selasa sampai dengan jum at dibukai mulai pukul satu sampai tujuh malam, dan untuk hari senin tutup.

Tempat Wisata Jembatan Suramadu

Jembatan SuramaduJembatan Surabaya sampai madura ini dibangun ketika masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri, yang dimaksudkan untuk mempercepat perekonomian dan pembangunan Pulau Madura yang masih tertinggal, namun diresmikan pada masa pemerintahan Presiden Bambang Yudhoyono. Adapun letak lokasi jembatan ini berada melintasi selat Madura dengan panjang jembatan sejauh 5.438 m. Jembatan Suramadu juga dijadikan ikon wisata bagi wisatawan lokal, jika berkunjung ke Surabya pasti banyak mereka ingin melihat jembatan yang melintasi selat madura tersebut sebagai salah satu tambahan panorama keindahan selat madura ketika malam hari. Jika anda bersama rombongan keluarga menggunakan mobil pribadi menuju Madura, jika sampai jembatan tersebut maka dikenakan biaya 30 ribu.

House of Sampurna
Museum House Of SampurnaGedung House of Sampurna dibangun ketika masa penjajahan belanda pada tahun 1858 yang berada di “Surabaya lama”. Tepatnya di Taman Sampoerna 6 Surabaya Jawa Timur 60163 Telp: (031) 353 9000. Banguna tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi dan pernah mendapatkan urutan nomer satu untuk kategori Musium Seni Budaya. Karena memang dari arsitektur bangunannya yang bernilai sejarah tinggi dan dapat mengundang pengunjung datang kembali karena keunikannya hingga sampai sekarang bangunan dari masa penjajah masih digunakan untuk memproduksi rokok Dji Sam Soe untuk bagian belakan bangunannya. Dan di Bagian tengah bangunan dijadikan sebagai bangunan utama untuk menampilkan berbagai foto dan koleksi roko dan korek api.

Monumen Jalasveva Jayamahe

Monumen Jalasveva JayamaheMonumen ini juga dikenal dengan Monjaya yang memiliki artian seorang perwira TNI AL yang siap terjun ke lapangan, dengan gagah berani dan berpakaian lengkap mengarah ke lautan yang dibanguna di bagian ujung barat dermaga surabaya. Selain itu juga digunakan oleh awak kapal sebagai mercusuar atau lampu penanda saat kapal mau bertolak dari laut menuju ke tepian. Jalasveva Jayamahe memiliki artian sebagai semboyan TNI AL yang berarti “Di Laut Kita Tetap Jaya”. Berada di lokasi yang tidak jauh dari kota surabaya dengan jarak 7.6 km atau tepatnya di Jln Taruna 1 Ujung, Surabaya

Monumen patung ini dibangun pada tahun 90 an dengan ketinggian 31 meter diatas sebuah gedung dengan tinggi 29 meter. Dapat terlihat dari jembatan Suramadu. adapun untuk menuju obyek wisata ini dapat menggunakan kendaraan pribadi menuju gerbang Armatim dengan jalan Perak timur atau Jalan Sidotopo dari pintu gerbang tersebut dapat dijangkau dengan jarakat 4 kilometeran. Saran buat anda yang mau mengunjungi monumen ini lebih baik mengurus perijinan untuk datang sendiri aau rombongan mulai jauh hari sekitar dua minggu sebelum berangkat dengan nomer telpon (031) 3292706, 3201194, 3201191. Sedangkan waktu berkunjung usahakan tidak dihari libur buka hari senin sampai jumat untuk pukul 7.30 sampai dengan 15.00.

Demikianlah, seputar tempat wisata di surabaya yang wajib anda kunjungi ketika berada di jawa Timur Surabaya, semoga dengan sedikit informasi yang dapat kami berikan kepada anda dapat menjadi panduan wisata ketika berlibur akhir pekan atau liburan sekolah.

Pictures gallery of Seputar Tempat Wisata di Surabaya Yang Wajib Anda Kunjungi.

  • Tugu Pahlawan Surabaya
  • Pantai Ria Kenjeran
  • Museum House Of Sampurna
  • Monumen Kapal Selam Surabaya
  • Monumen Jalasveva Jayamahe
  • Kebun Binatang Surabaya
  • Jembatan Suramadu
  • Ciputra Waterpark
Seputar Tempat Wisata di Surabaya Yang Wajib Anda Kunjungi. | admin | 4.5
Leave a Reply