Seputar Tempat Wisata Menarik Klaten Yang Wajib Dikunjungi

Saturday, October 24th, 2015 - Tempat Wisata

Seputarwisata.com – wisata menjadi salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh para pencari tempat hiburan untuk sekedar menghilangkan resah ataupun menghibur diri agar tidak selalu jenuh dengan semua pekerjaan kantor, destinasi utama yang ada di Propinsi Jawa tengah selain di Semarang adalah Klaten yang merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang berbatasan dengan Kabupaten Gunung kidul dan Sleman. Klaten masih hampir seperti layaknya kota jogja dan Kota Solo, yang mana, letak kabupaten Klaten diapit dengan pusat kebudayan terbesar di Jawa Tengah yaitu kesultanan Yogyakarta dan kerajaan Surakarta yang sampai saat ini masih banyak melestarikan adat-adat dan upacara-upacara adat seperti kupatan, nyadran, apeman dll. Masih banyak masyarakat Indonesia yang percaya dengan suatu tempat yang akan mendatangkan barokah dengan berziarah ke Makam dan lainnya. Namun, kami tidak akan membahas tentang ziarah makam karena memang kabupaten klaten menjadi salah satu tempat yang populer untuk dijadikan wisata religi ziarah ke makam tokoh-tokoh besar, disini kami hanya membahas tentang wisata alam dan beberapa wisata lainnya untuk refreshing otak anda. Kabupaten Klaten inilah menjadi salah satu tempat wisata yang menawarkan  peninggalan sejarah yang berupa candi-candi kuno dan beberapa wisata lainnya yang menjadi daya tarik pariwisata klaten, Berikut ini adalah beberapa wisata yang menarik untuk dikunjungi yang berada di Klaten

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan Merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sering diketahui oleh masyarakat terletak di wilayah Jogja. Memang candi bersejarah ini berada di Yogyakarta, namun tidak salah juga menyebutkan, jika candi ini berada di Wilayah Klaten, pasalnya candi yang berkisah tentang roro jongrang ini berada di sebuah perbatasan antara kabupaten klaten dengan kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Dengan demikian klaten juga memiliki andil untuk menjadikan tempat wisata prambanan sebagai salah satu keajaiban dunia yang berada di klaten, candi yang dibangun tahun 850 Masehi ini menjadi salah satu candi yang digunakan untuk Mayarakat Hindu merupakan candi terbesar di Asia Tenggara dan menjadi salah satu situs bangunan sejarah di Warisan Dunia UNESCO.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

2. Umbul Ponggok
Umbul Ponggok merupakan salah satu pemandian sumber mata air terbesar di Kalten yang tepatnya di Desa Ponggok, Kecamatan Polan Harjo yang tidak jauh dengan Pabrik Air Minum terbesar di Klaten, yaitu mata air sigedang. Kolam Pemandian air tawar terbesar di Klaten ini memiliki tingkat kejernihan air yang dapat anda lihat dari atas, kolam ini berbeda dengan kolam renang biasa, karena ikan yang berenang di kolam tersebut dapat terlihat jelas dengan mata telanjang, nampak terlihat juga bebatuan yang terdapat di kolam tersebut bagaikan berada di Pulau RajaAmpat. Umbul Ponggok yang kerap kali menjadi tujuan obyek wisata di Klaten menawarkan berbagai macam kegiatan salah satunya adalah pengambilan foto yang bagus dengan mengambil foto dibawah air, karena mereka menyediakan softcase untuk handphone anda.

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

3. Candi Plaosan
Candi Plaosan merupakan sebuah candi peninggalan prasejarah masa lalu yang berada tidak jauh dari candi Prambanan, tepatnya berada di Dukuh Plaosan, desa Bugisan, Kecamtan Prambanan, Kab. Klaten. Candi Plaosan ini memiiki dua candi yaitu Plaosan Lor dan Kidul yang letak candinya terpisah dengan jalan desa.

Candi Plaosan

Candi Plaosan

4. Museum Gula Gondang Winangoen
Salah satu bangunan yang bergaya desain klasik khas eropa, ia merupakan salah satu museum pabrik gula yang berada di Jalan aya Jogja-Solo, jika dilihat dari arah jogja maka akan terlihat museum tersebut berada di Kiri Jalan sedangkan jika dilihat dari arah Surakarta anda bisa melihat museum tersebut berada di kanan jalan. Museum ini terletak di Desa Gondang Baru, Kecamtan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Anda akan melihat berbagai Koleksi Peralatan Tradisional sebagai alat yang digunakan untuk menanam bbit tebu beserta dengan pemeliharaannya.

Museum Gula Gondang Winangoen

Museum Gula Gondang Winangoen

5. Mata Air Cokro Tulung
Mata Air cokro tulung adalah salah satu tempat yang menarik untuk anda kunjungi untuk melepas kelelahan yang sudah dikembangkan sejak tahun 2008 yang lalu, Pemandian alami ini memiliki sejuta warna karena masyarakat lebih tertarik untuk mengunjungi tempat wisata alami dibandingkan dengan pemandian kolam biasa, tempat yang masih alami ini menjadikan tempat ini sebagai tempat yang ccok untuk tempat wisata keluarga, dengan pemandangan serta udara yang masih bersih dan sejuk untuk dikunjungi.

Mata Air Cokro Tulung

Mata Air Cokro Tulung

6. Rawa Jombor
Rawa Jombor merupakan salah satu obyek wisata klaten yang berada di Desa Krakitan, Kecamtan bayat, Rawa ini adalah salah satu Rawa Buatan yang dipergunakan oleh masyarakat untuk budidaya ikan yang dilakukan oleh penduduk sekitar yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang masih hijau, anda akan menjumpai berbagai pernak-pernik dan orang jualan karena rawa ini menyajikan warung apung diatas air rawa. Asik bukan untuk jalan-jalan anda kali ini anda bisa melihat warung apung ditengah rawa-rawa.

Rawa Jombor

Rawa Jombor

7. Candi Sewu

Candi Sewu merupaka sebuah candi yang berada di kawasan dengan candi Prambanan sebagai salah satu wisata di Indonesia yang wajib anda kunjungi ketika berlibur, Candi ini dibanun pada abad ke-8 ketika masa pemerintahan Rakai Panangkaran yang masih berhubungan dengan kisah-kisah yang ada pada candi prambanan atau legenda Roro Jonggrang, Candi yang digunakan untuk sembayang umat yang beragama budha ini adalah salah satu candi terbesar kedua di Indonesia setelah candhi Borobudur dengan nama asli candi yaitu Prasada Vajrasana  Manjusrigrha.

candi sewu

candi sewu

8. Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo
Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo berada di alamat Jl. Manisrenggo, KM 1, Tlogo Prambanan, Klaten, Jawa Tengah 57454. Kolam renang ini sudah menjadi salah satu fasilitas yang digunakan oleh Hatul Galuh Prambanan dan juga sudah dikelalo dan dikembankan untuk wisata keluarga. Lokasi ini memiliki tempat pemandian air yang coco bagi anak-anak kecil karena telah tersedia waterboom di dalamnya, banyak orang yang mendatangi tempat ini untuk sekedar melepaskan penat dan kesibukan harian setelah bekerja selama beberapa kali.

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo

Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo

9. Deles Indah

Deles Indah merupakan salah satu Obyek wisata alam yang menawarkan keindahan alam dengan melihat pemandangan puncak gunung merapi, Berada di desa Sidorejo, Kecamtan Kemalang yang berada di kaki gunung merapi namun disebelah timur. Suasan yang masih Asri inilah menjadi daya tarik Wisata Dales. Selain itu juga dapat anda temukan peninggalan sejarah bekas Pasanggarahan Pakubuwana ke 10 dan beberapa peninggalan sejarah lainnya selain menikmati keindahan alam Deles Indah

Deles Indah

Deles Indah

Itulah beberapa tempat wisata klaten yang menawarkan  obyek wisata alam yang indah untuk dikunjungi sebagai persiapan anda dalam melakukan perjalanan ke jawa tengah, mungkin tidak semua tempat wisata jawatengah  akan anda kunjungi setidaknya dalam hal ini anda mengetahui beberapa tempat yang harus anda kunjungi sebagai persiapan dalam melakukan perjalanan jawa tenga.

Pictures gallery of Seputar Tempat Wisata Menarik Klaten Yang Wajib Dikunjungi

  • Kolam Renang Galuh Tirto Nirmolo
  • Deles Indah
  • Rawa Jombor
  • Mata Air Cokro Tulung
  • Museum Gula Gondang Winangoen
  • Candi Plaosan
  • Umbul Ponggok
Seputar Tempat Wisata Menarik Klaten Yang Wajib Dikunjungi | admin | 4.5
Leave a Reply