Daftar Tempat Wisata Garut Yang Paling Banyak di Kunjungi

Monday, October 19th, 2015 - Alam, Tempat Wisata

Seputarwisata.comTempat Wisata Garut yang paling banyak dikunjungi untuk beberapa tempat wisata terindah di Kota Garut – Salah satu kota yang berada di daerah Jawa Barat ini adalah termasuk Kota Kabupaten yang memiliki panorama pariwisata yang Indah, dengan makanan Khasnya yang sering kali digunakan untuk Oleh-Oleh yang bernama Dodol Garut, Saat ini garut juga terkenal dengan lokasi wisata di Jawa Barat, ditambah dengan oleh-oleh khas kulinernya yang berhubungan dengan Dodol Garutnya, Terutama anda yang suka jalan-jalan mengunjungi panorama Indonesia.

Obyek Wisata di Garut tidaklah sedikit, saking banyaknya tempat wisata garut, banyak warga yang sudah lama tinggal atau penduduk aslinya belum banyak mengetahui beberapa objek wisata baru, tempat wisatanya pun masih banyak yang alami dan tradisional dengan keaneka ragaman lokasi wisata yang sangat jarang orang menemukannya.

Sangat disayangkan jika anda berada di daerah Jawa Barat, namun belum sempat mengunjungi berbagai objek wisata di Garut, Nuansa tradisional juga terlihat pada penginapan-penginapannya yang dibuat nampak masih alami sehingga anda sebagai salah seorang traveller dapat melepas penat dari bisinganya aktivitas perkotaan dalam mengemban tugas pekerjaan.

Potensi alam yang berada di Kabupaten Garut masih dinilai memiliki unsur wisata Alam yang sangat banyak, bagi anda yang ingin berkunjung ke Kota Garut silahkan untuk memilih beberapa tempat wisata di Kabupaten Garut sebagai berikut ini:

1. Kampung Sampireun Garut

Kampung ini memiliki pesona alam indonesia, dengan lahan perkampungan kurang lebih 4 hektar, yang berada di Desa Sukakarya, Semarang. Kampung Sampireun memiliki icon yang paling terkenal yaitu Konsep Danau atau Situ yang dikonsep secara tradisional dan diolah dengan perkembangan zaman dan modernitasnya. Selain mendapatkan pesona alam yang masih alami anda akan disakikan dengan iringan masuk tradisional sunda dengan adat istiadat Sunda yang masih kental. Wisata Sampireun memiliki berbagai macam pondokan dengan unsur yang terbuat dari kayu dan bambu sehingga nampak tradisionalnya namun diukir dan diolah secara modern tanpa harus menghilangkan unsur tradisional dan keasriannya. Selain menghadirkan suasana Asri, kampung samperiun Garut juga menyediakan kolam Khusus Berena, tempat pijat refleksi dan suasana asri yang sangat cocok bagi keluarga dan rombongan pengajian dan lainnya.

kampung sampireun

kampung sampireun

2. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan adalah salah satu gunung yang berada di disebelah barat daya kota garut tepatnya terletak di kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Salasatu pesona alam yang tiada bandingnya ini memiliki ketinggian 2622 meter diatas permukaan laut, Wisata Alam Gunung papandayan ini sangat populer dikalangan para pendaki karena memang memiliki struktur alam dengan kawah belerang yang masih aktif, disekitaran gunung pepandayan terdapat banyak pula pohon Mutiara Putih. Gunung papandayan adalah salah satu cagar alam yang masih dilindungi berbagai keanekaragamanhayati dan beberapa obyek-obyek wisata dialam yang Indah.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan

Keindahan alam liar Gunung Papandayan menjadi salah satu tantangan baru bagi para pendaki berdiri kokoh kayu-kayu pohon dengan hutan matinya, jika anda tidak mengerti struktur alamnya anda dapat meminta pertolongan pemandu wisata anda dapat camping di Pondok saladah yang jaraknya berdekatan yang jaraknya dapat ditempuh selama 2 jam di area parkir papandayan. Pendakian di Gunung Papandayan sebaiknya dimulai dari pukul 08.00 setelah itu barulah anda melaporkan diri di bagian post untuk mempersiapkan segala persediaan seperti makanan dan minumannya. Sampai anda menuju ke Alun-Alun pertama dengan kurun waktu sekitar 1-2 jam, untuk menuju alun-alun kedua anda dapat membutukan perjalanan 2-3 jam, ituah keadaan Gunung Papandayan yang cocok untuk pendakian.

Untuk menuju ke Lokasi Pendakian Gunung Papandayan anda bisa mengawalinya dari Terminal Kampung Rambutan Jakarta  jika dari Jakarta, apabila dari Bogor anda bisa naik dari terminal Baranagsiang, Bogor dengan menumpang busa antar kota degan tujuan sampai ke terminal Garut yan ditempuh selama 5 jam, dari terminal garut anda dapat menuju Cisurupan menggunakan angkot, yaitu sebuah desa di kaki gunung papandayan, anda bisa menggunakan transportasi Gojek untuk sampai ke pos pendakian.

3. Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian Air Panas Cipanas   salah satu pemandian yang terletak di 6 kilometer barat laut dari Kota Garut di kaki gunung guntur sebagai taman rekreasi buatan dan kolam renang air panas. Tempat pemandian ini terletak di wilayah Desa Cipanas, Kecamatan Tarogong, Kabupaten Garut  dengan luas keseluruhan tanah oleh Pemda garut berkisar antara 9.335 meter persegi. Taman pemandian air panas ini memiliki sumber air panas yang mengalir dan masih memiliki kandungan belerang yang sangat tinggi, kolam-kolam ini tersedia di beberapa penginapan cipanas garut yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Air Panas Cipanas

Air Panas Cipanas

Transportasi untuk menuju ke Cipanas ini menggunakan angkutan kota dengan jurusan Cipanas dan tarogong  yag rutenya dari Kota Garut menuju ke Desa Tarogong dari situ anda bisa melanjutkan perjalanan yang masih asri dengan panorama keindahan alamnya menuju ke Cipanas.

4. Curug Citiis

Curug Citiis adalah salah satu tempat wisata yang berupa air terjun yang berada di Desa Pasawahan, kecamatan Tarogong, Kabupaten Garut, Curug yang  memiliki keindahan alam asri ini memiliki keadaan berbukit-bukit dengan stabilitas tanah yang sedang dengan beberapa pepohonan untuk menuju ke Curug Citiis. Sumber air Curug Citiis ini berasal dari Gunung Guntur dengan dua buah mata air yaitu mata air panas yang mengalir ke daerah Cipanas sedangkan Curug Citiis sendiri sumber air dari aliran air dingin dari gunung guntur.

Curug Citiis

Curug Citiis

Transportasi menuju ke Curug CItiis ini berada 10 kilometer dari ibu kota kecamatan Tarogong dan dari Kota garut berjarak 15 km, bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi langsung menuju ke kaki Gunung Guntur  sera angkutan tradisional lainnya yang menawarkan transportasi menuju ke sana.

5. Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje merupakan salah satu tempat wisata digarut yang terindah berada di daerah Pantai-Pantainya salah satunya adalah Pantai karang paranje yang memiliki keindahan alam luar biasa ketika matahari tenggelam khususnya yang ditambah dengan gugusan karang nampak terlihat asri dan sangat cocok untuk anda kunjungi.

Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje

6. Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah adalah salah satu pantai yang sangat sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara karena keelokan dan keindahan pantai tersebut, Pantai ini berada di Wilayah Desa Segara dengan pemandangan laut yang bersinar, asri. Meskipun sampai saat ini masih banyak penduduk lokal yang banyak mengunjungi pantai CIjeruk Indah.

Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah

7. Pantai Santolo

Pantai Santolo adalah salah satu panyai yang berada di Kecamatan Sikelet yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara dengan keindahan alamnya, pengunjung rata-rata berasal dari Bandung hanya sekedar melepas lelah, penat, setelah mereka sibuk bekerja dengan aktivitas yang luar biasa.

Pantai Santolo

Pantai Santolo

8. Candi Cangkuang
Candi cangkuang merupakan salah satu candi yang ditinggalkan oleh umat yang beragama Hindu, Candi ini berada di kecamatan Leles, yang dibangun pada masa pemerintahan kerajaan Sunda Galuh, Anda bisa mengenal lebih dekat dengan mengunjungi prasasti bersejarah di Kabupaten Garut Jawa Barat ini.

Candi Cangkuang

Candi Cangkuang

9.Kawah Kamojang Garut

kawah Kamojang Garut merupakan salah satu obyek wisata yang berada di daerah Kemojang, kecamatan Samarang. Kawah ini terlihat istimewa ketika suhunya dibuat ekstream ketika kawah menyembutkan di beberapa titik semburan sehingga sama phal PLTU Kamojang dijadikan sumber tenaga Uap oleh Pertamina dan Indonesia Power. Kamojang sebaga salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang berdatanagn untuk mandi uang dengan bau belerang tapi dapat menyegarkan kondisi kulit sehingga dapat menghangatkan kulit. Perjalanan menuju kamojang ini dapat ditempuh melalui Tol Cileunyi, Cicalengka, Garut- Samarang atau melalui Rancaekek menuju Kamojang dengan kawasan tanjagan yang cukup terjal unuk menuju ke daerah Kawah Kamojang Garut.

Kawah Kamojang Garut

Kawah Kamojang Garut

10. Pantai Taman Laut Manalusu Garut

Pantai Taman Laut Manalusu adalah salah satu pantai yang berada di Garut Selatan yang sangat terkenal dari beberapa pantai seperi Santolo, Sayang Heulang dan beberapa pantai lainnya. Keindahan pantai ini menawarkan panorama alam yang luar biasa indah, pantai ini terletak di bibir pantai dengan hamparan pasir putih dan ditemani dengan gemuruh ombak, selain itu anda dapat menemukan berbagai rumput lain dan bunga karang yang tidak susah dicari di tengah laut karena berada dipinggiran pantai, Sangat cocok bagi wisatawan yang hobi memancing karena lokasinya yang strategis untuk tempat pemancingan ikan air laut.

Baca Juga: Tempat Wisata Bandung

Pantai Taman Laut Manalusu Garut

Pantai Taman Laut Manalusu Garut

Dan masih banyak lagi Wisata Garut yang belum dapat kami ulas satu persatu dari 10 wisata yang ada di Garut  anda bisa melihat beberapa wisata dibawah ini yang anda nilai cocok untuk dikunjungi selain yang sudah disebutkan diatas: Leuweung Sancang, Pantai Santolo, Pantai Cijayana, Taman Ranca Buaya, Taman Golf Ngamplang
Air Terjun Neglasari, Kampung Dukuh, Makam Cinunuk Hilir, Curug Orok, Curug Sanghyang Taraje, Curug Cihanyawar,Gunung Papandayan, Taman Satwa Cikembulan, Golf Course Flamboyan, Kawah Darajat, Makam Godog, Talaga Bodas, Situ Bagendit, Curug Citiis, Curug Kancil Cibatu, Cipanas, Candi Cangkuang, Situ Cangkuang, Curug Cimandi Racun, Wisata garut kampung sampireun

Nah, Itulah berberapa informasi terkait Seputar Tempat  Wisata Garut yang dikenal masyarakat, baik yang dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, karena masih banyak lagi situs dan obyek wisata yang belum banyak dikenal oleh warga dan masyarakat Indonesia.

Pictures gallery of Daftar Tempat Wisata Garut Yang Paling Banyak di Kunjungi

  • Pantai Taman Laut Manalusu Garut
  • Pantai Santolo
  • Pantai Karang Paranje
  • Pantai Cijeruk Indah
  • Kawah Kamojang Garut
  • kampung sampireun
  • Gunung Papandayan
  • Curug Citiis
  • Candi Cangkuang
  • Air Panas Cipanas
Daftar Tempat Wisata Garut Yang Paling Banyak di Kunjungi | admin | 4.5
Leave a Reply