Destinasi Seputar Tempat Wisata Dieng Jateng yang Banyak Dikunjungi

Tuesday, August 9th, 2016 - Alam, Tempat Wisata

Dieng merupakan wisata yang paling menarik untuk di kunjungi setelah menikmati wisata dari jogja, Kota yang dikenal dengan masyarakat yang memiliki pesona keindahan alam yang asri. Disamping keasriannya dieng juga terkenal dengan keadaan cuaca yang dingin karena daerahnya berada di dataran tinggi vulkanik yang masih aktif sehingga udaranya sejuk dan banyak tempat wisata yang perlu anda kunjungi. Dieng secara garis besar dalam peta Indonesia masuk pada dua wilayah kabupaten yang berbatasan langsung yaitu kabupaten wonosobo dan kabupaten banjarnegara. Fenomena keindahan alam yang tiada taranya dibandingkan denga tempat lain sehingga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara senang untuk berkunjung di kawasan dieng plateu.

Menurut sumber yang terperaya seperti wikipedia disebutkan bahwa Dieng adalah salah satu kawasan gunung yang memiliki keaktifan yang cukup tinggi, dan merupakan sebuah gunung raksasa yang memiliki beberapa puncak sehingga banyak ilmuwan yang mempelajari bagaimana keadaan vulkanik sebuah gunung ini, selain keindahan pemandangan gunung-gunung yang menjulang tinggi, di kawasan dataran tinggi dieng lah terdapat hasil pertanian yang bagus terutama hasil tanaman kentang yang menjadi andalan untuk kawasan dieng, selain kentang masih ada lagi tumbuhan yang hasilnya dijadikan sebagai minuman khas seperti Carica, buah yang dihasilkan tumbuhan carica nampak seperti buah pepaya yang hanya tumbuh didataran tinggi, carica tersebut memiliki tekstur yang kenyal seperti lidah buaya yang menjadi ikon kuliner kalimantan barat. Carica tersebut dijadikan minuman oleh-oleh khas dieng sebagai manisan sebagai bahan campuran air minum. Selain tumbuhan Carica masih ada satu lahi tumbuhan yang populer di Kawasan Dieng, apakah anda tahu yang namanya Purwaceng, jangan berpikiran negatif dulu loh dengan tumbuhan ini. Purwaceng adalah salah satu tanaman yang berkhasiat sebagai obat herbal yang berfungsi dalam meningatkan daya tahan dan stamina tubuh agar tetap kuat. Itulah mengapa dieng sebagai kawasan yang memiliki daya tarik bagi pengunjungnya.

Alasan lainnya mengapa wisatawan tertarik untuk menuju ke obyek wisata dieng adalah, terdapat 12 obyek wisata yang menarik sebagai destinasi utama bagi para wisatawan yang ada di Indonesia dan mancanegara. Secara garis besar kawasan dieng ini berada di daerah pemkab Banjarnegara dan Wonosobo namu dieng tidak dapat terpisahkan dengan wisata dieng plateu yang sangat populer di Masyarakat Indonesia, adapun beberapa tempat wisata dieng yang menjadi alasan traveller datang berkunjung adalah sebagai berikut ini:

1. Telaga Warna Dieng
Salah satu wisata dieng yang terkenal di Wonosobo adalah Telaga Warna yang terletak di Dieng Plateu, dimana pemandangan dieng plateu berada pada ketinggian 2000 mdpl. pemandangan yang tak kalah indah dengan telaga biasa, warnanya yang menghiasai air telaga nampak indah dan unik dengan warna yang berubah-ubah setiap jamnya dengan warna hijau, merah, biru, putih an lainnya. Selain warna yang berubah saat terkena pantulan cahaya matahari di pagi, siang, dan sore hari ini juga bau yang menyengat semacam airnya mengandung sulfur yang sangat tinggi sehingga, airnya ini sangat cocok bagi penderita penyakit kulit.

Telaga Warna Dieng
2. Tempat wisata Bukit Sikunir Dieng
Sikunir merupakan sebuah bukit yang berada di Dieng yang menjadi obyek wisata andalan di dieng karena panorama pemandangan sunrise, itulah yang menyebabkan mengapa bukit ini terkenal dan pupuler di berbagai daerah, karena ketika berada dibukit ini, kita layaknya diatas awan dan juga bisa melihat pemandangan dari atas bukit dengan view langit yang tampak bersih ketika musim kemarau tiba, sehingga cuaca sekitar akan terlihat bersih. Tak kalah serunya jika anda juga melakukan pengamatan di spot atau posko pengamatan di bukit sikunir ketika menjelang fajar, anda bisa melakukan pendakian pada waktu pagi menjelang subuh, anda bisa bermalam dikawasan hotel seputaran dieng untuk menunggu datangnya fajar.

sikunir

3. Telaga merdadang
Dieng memiliki banyak telaga dari salah satu telaga yang terkenal adalah telaga warna, merdadang ini berada di daerah karang tenagh tepatnya di kecamatan Batur kabupaten Banjanegara, meskipun tidak berada di daerah Dieng namun masih menjadi salah satu obyek wisata dieng yang perlu anda kunjungi, Perlu dilihat gambarnya lebih jelas, bahwa telaga tersebut menyerupai sebuah kaldera letusan gunung berapi, dengan genangan air yang berwarna kebiruan dari ketinggian tanah

telaga merdadang

4. kawah sikidang
kawasan dieng yang penuh dengan gunung berapi terbesar di jawa tengah dengan beberapa puncak yang dapat anda jadikan destinasi muncak bersama kawan-kwan mahasiswa pecinta alam, saking banyaknya kawah vulkanik di dieng banyak wisatawan tertarik untuk melihat sekitaran tempat wisata dieng yang dapat anda kunjungi, adapun kawah yang paling banyak dikunjungi di dieng adalah kawah sikidang yang memiliki panorama alam yang tidak anda temukan di jogja atau kawasan daerah lainnya yang kebanyakan tempat wisata buatan. Pengunjung disuguhi view menari seperti gumpalan asap yang menggumpang di kawah tersebut selain itu kadar belerang yang tinggi akan membuat pernapasan anda terserang, jangan lupa membawa masker ya ketika berada di kawah sikidang, anda harus hati-hati jangan sampai melewati pagar pembatas di sekitaran lokasinya yang hanya memakai kayu untuk pagar pembatasnya karena hal itu akan membahayakan diri anda. Tak lupa anda mengambil gambar didekat kawah sikidang untuk mendokumentasikan di poto pribadi anda.kawah sikidang

 

5. Tempat Wisata Telaga Pengilon Dieng
Telaga yang satu ini sangat dekat dengan telaga warna, memiliki keunikan tersendiri dan karakteristk yang berbeda dibandingkan dengan telaga warna, meskipun hanya beberapa langkah kaki untuk menuju ke telaga pengilon, karena kejernihan mata ari yang ada dalam telaga sehingga dinamai oleh masyarakat dieng sebagai telaga pengilon karena airnya dapat dijadikan cermin ketika anda berada diatas telaga tersebut karena kejernihannya. Selain melihat pemandangan sekitar telaga, view yang menarik dan masih asri disekelilingi oleh bukit-bukit yang nampak masih Hijau dan alami.

telaga pengilon
6. Pendakian Gunung Prau
Banyak yang menyempatkan diri untuk melakukan pendakian di gunung Prau yang memiliki spot yang bagus, wisata dieng pendakian gunung prau ini banyak dikunnjungi oleh para pendaki baik dari wisatawan sekitaran dieng sendiri sampai dari jauh antar kota hanya untuk mendaki, Pendakian di gunung ini tidak seperti gunung di wonosobo yang sudah menjadi destinasi para pendaki seperti gunung sumbing dan gunung sindoro, kalau dibandingkan gunung lainnya gunung prau memiliki keindahan alam yang menarik, selain itu diatas puncak gunung prau seperti lapangan yang luas seperti hamparan padang rumpung yang menyerupai sebuah bukit teletubies dimana pemandangan gunung yang tinggi dapat terlihat jelas dan untuk ketinggian gunung prau hanya mencapai 2565 mdpl tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan gunung merapi dan lainnya. Untuk melakukan pendakian jangan lupa untuk melatih fisik, karena banyak tanah terjal mengahdang anda, jika anda ingin melihat sunrise gunung prau bisa melakukan pendakian pada tengah malam jam 12 Banyak orang yang juga mendaki gunung prau pada malam hari tersebut.

Puncak Gunung Prau

7. Candi Arjuna
Tidak hanya di jogja dan di magelang saja yang memiliki bangunan pra sejarah seperti candi, Di dengan juga akan anda temukan sebuah bangunan candi yang menarik untuk dikunjungi. Candi tersebut dinamakan candi Arjuna, Selain pemandangan alam yang menarik untuk dilihat, candi arjuna juga memiliki gaya khas tersendiri bagi wisatawan, selain candi arjuna, juga terdapat candi lainnya di komplek tersebut antara lain candi semar, candi sembrada, candi punta dewa, candi sri kandi dan beberapa candi lainnya yang dijadikan bangunan prasasti pada abad kerajaan di Indonesia.

dieng plateu

8. Dieng Plateu Theater

Tak hanya di kota-kota besar yang memiliki Bangunan Theater, Dieng juga memiliki bangunan yang dijadikan tempat wisata penanyangan film dokumenter tentang sejarah dieng, Dieng Theter ni dijadikan salah satu wujud bagi pengelola kawasan dieng dengan mendokumenterkan dieng sebagai salah satu obyek wisata dalam sebuah film dengan durasi 20 menit yang diberi judul Bumi Kahyangan Dieng Plateu. Bagaiamana apakah anda tertarik untuk melihatnya untuk berkunjung ke Dieng, Tak lengkap jka anda tak berkunjung ke tempat ini, karena sudah disedikana 60 tempat duduk untuk melihat penayangan film dokumenter dieng sebelum anda menginjakkan ke obyek wisata lainnya di dieng.

Dieng theater

9 Gardu Pandang Tieng
Kurang puas ke dieng jika anda hanya main ke jogja tanpa harus mengunjungi pemandangan diatas awan yang ada di Dieng, Anda seolah berada di Kahyangan seperti film-film sunggokong kera sakti, Spot yang menarik berada di Gardu Pandang Dieng yang terletak diatas ketinggian 1700 mdpl dari atas permukaan tanah. Spot terbaik di dieng untuk foto-foto bagi fotografer biasanya pada waktu Sunrise maupun pada waktu sunset anda akan mendapatkan view 2 gunung yang bagus seperti gunung kembang dan gunung sindoro yang memiliki ketinggian. Jika cauca bagus dan tidak tertutup awan, anda akan melihat pemandangan lahan hamparan pertanian di Wonosobo yang terlihat subuur.

Gardu Pandang Tieng

10. Sumur Jatalunda,
Salah satu fenomena alam terjadi di dieng salah satunya adalah Sumur Jatalunda yang diprediksikan bahwa sumur ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang membekas pada jutaan tahun silam, letusan gunung api tersebut membentuk sebuah lubang kawah yang nampak seperti sumur karena memiliki diameter sekitar 90 meter dengan kedalaman yang nampak seperti sumur, Karena sumur ini berada tempat yang kurang strategis, maka sumur ini masih jarang untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal, alasan lainnya juga karena anda harus menaikki 257 buah anak tangga untuk dapat menuju lokasi fenoma alam yang sudah terjadi berabad-abad lamanya.

sumur jalatunda

11. Telaga cebong Dieng

Selain keindahan alamnya karena berlama-lama di destinasi wisata dieng, jangan lupa untuk mengunjungi Telaga cebong dieng yang lokasinya tidak jauh dari Sikunir, Telaga yang terletak di Desa Sembungan ini merupakan salah satu desa yang paling tinggi di jawa tengah karena berada diatas 2300 mdpl, masih jarang sebuah desa berada diatas ketinggian dengan disekitar telaga tersebut digunakan sebagai lahan pertanian warganya sehingga menjadi spot yang menarik untuk fotografi, juga banyak yang emngatakan bahwa desa dekat telaga cebong ini merupakan salah satu desa diatas awan karena letaknya yang jauh dari permukiman desa lainnya.

telaga cebong

12. Batu Ratapan Angin
meratap tidak hanya di kamar melainkan anda bisa meratapi hidup dengan berwisata di puncak-puncak dengan ketinggian yang maksimal, disinilah anda bisa melihat telaga warna dari puncak , tidak hanya telaga warna yang terlihat melainkan juga telaga pengilon, dua telaga ini akan terlihat dari atas angin. Dengan letak ketinggian yang tinggi anda harus mendaki naik ketas denan tenaga yang ekstra, Anda akan menemukan sebuah bebatuan untuk meihat indahnya 2 telaga di dieng, sesampai diatas puncak kelelahan anda akan terbaarkan dengan spot pemandangan dua telaga, banyak wisatawan yang tertarik untuk menuju batu ratapan angin dan menjadi obyek faforit untuk dikujungi, selain disebut dengan batu ratapan, spot ini juga diebut dengan batu pandang yang ada di dieng.

batu ratapan angin

13. Arung Jeram DIeng
selain anda menikmati beberapa wisata yang sudah banyak anda kunjungi anda juga bisa melihat tempat wisata arung jeram, sambil menikmati pemandangan anda juga bisa camping trakking bersama teman anda, jangan lupa jika di dieng ini anda harus membawa pakaian ganti yang banyak yah! karena anda tidak hanya menjelajah sehari melainkan untuk waktu yang agak lama untuk menjelajah di seputaran dieng.

Bagaiamana apakah anda tertarik untuk berlibur ke kota wisata alam Dieng, Pesona alam yang tiada duanya ini tidak akan anda ketemukan dilain tempat, Refrensi diatas bisa anda jadikan patokan dan panduan wisata dieng ketika hendak berlibur di dieng. kalau belum tahu alamatnya yang penting bisa serching lewat google map yah untuk menuju tempat wisata di dieng yang pentingkan sudah tahu nama tempat yang akan menjadi destinasi utama di Dieng, Jangan lewatka untuk mengunjungi destinasi yang ada terutama di Tempat wisata Klaten jawa tengah.

Pictures gallery of Destinasi Seputar Tempat Wisata Dieng Jateng yang Banyak Dikunjungi

  • Telaga Warna Dieng
  • telaga pengilon
  • telaga merdadang
  • telaga cebong
  • sumur jalatunda
  • sikunir
  • kawah sikidang
  • Gardu Pandang Tieng
  • Dieng theater
  • dieng plateu
  • batu ratapan angin
  • Puncak Gunung Prau
Destinasi Seputar Tempat Wisata Dieng Jateng yang Banyak Dikunjungi | admin | 4.5
Leave a Reply