Daftar Objek Tempat Wisata di Madura (Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, Sampang)

Saturday, November 26th, 2016 - Tempat Wisata

Seputarwisata.com- Berbicara tentang Madura yang berada di Timur pulau Jawa Indonesia apa yang anda pikirkan? Setiap orang memiliki apersepsi yang berbeda-beda, ada yang terbayang akan menu masakan khas madura dari satenya yang khas dijuluki cak ataupun soto madura yang banyak tersebar dan diperjualbelikan di Pulau jawa ataupun ada yang terbayang seorang yang membawa celurit, memang memiliki bayangan berbeda-beda ketika para respondens diberikan sebuah angket maka mereka akan menjawab pertanyaan yang berbeda-beda.

Pulau Madura memiliki keunikan bentuknya diantaranya adalah yang berbentuk seperti Sapi, namun pulau madura sendiri masih di kawasan provinsi jawa timur dengan 4 kabupaten, ternyata cuma empat yag, karena termasuk pulau yang lebih kecil dari pulau dewata bali, keempat kabupaten tersebut adalah Kabupaten Sampang, Sumenep, Pamekasan dan Bangkalan. Meskipun kawasannya tidak seperti pulau dewata namun, mereka memiliki kebudayaan masing-masing sehingga banyak objek wisata ataupun wsata budaya dan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

beberapa masyarakat madura mungkin lebih sering mengunjungi tempat wisata di madura dibandingkan dengan yang berada di luar pulau tersebut, namun tidak ada salahnya kami akan menginformasikan pantai yang terkenal di pulau madura tersebut seperti Pantai Slopeng, air terjon tarona, pantai siring kemuning dan beberapa tempat wisata lainnya yang memiliki keindahan dan sensai yang menyenangkan untuk berlibur bersama keluarga.

kali ini seputarwisata.com akan mengajak anda sedikit mengeksplorasi terkait tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika anda belibur di madura, sebelum kita mengenal lebih jauh tentang masyarakat yang khas dengan gaya bicara dan mereka dikenal sebagai masyarakat yang mau bekerja keras, disiplin, hemat dan mementingkan harga diri bersama masyarakatnya yang dikenal dengan filosofi Ketembeng pote mata, angok pote tolang.

Perlu sedikit anda ketahui bahwa, kawasan madura yang tidak cocok untuk bertani menjadikan masyarakatnya memiliki mental pedagang terutama yang kta lihat di pulau jawa ini jika mereka sering menjual sate ayam khas maduranya, selin berdagang mereka juga ada yang berhasil menjadi menteri, birokrat, petinggi di dunia militer dan beberapa pekerjaan lainnya seperti yang telah kita kutip dari Wikipedia sebagi sumber resminya.

TEMPAT WISATA DI MADURA JAWA TIMUR

Nah, terkait dengan banyaknya tempat wisata di Madura, kami selaku tim seputarwisata.com sudah berhasil merangkum beberapa rekomendasi tempat wisata yang dapat dijadukan panduan ketika anda berlibur di pulau Madura, adapun tempat wisatanya adalah sebagai berikut ini:

1. Pantai Slopeng

Tempat wisata di Madura Sumenep yang banyak dikenal oleh masyarakat sekitar adalah Pantai Slopeng, salah satu pantai yang menjadi ikon wisata madura karena memang pantai tersebut memiliki pesona alam keindahan yang luar biasa, disamping pasirnya yang putih bercahaya, pantai slopeng juga banyak diburu para wisatawan lokal ketika menjelang liburan.

pantai-slopeng

Lokasinya yang tak begitu jauh dari pusat kota sumenep, menjadi pilihan tepat keluarag ntuk berlibur, dari pusat kota dapat memakan waktu selama kurang lebih satu jam dengan jarak tempuh sekitar 21 kilometer. Pantai yang cocok sekali untuk berenang karena deburan mbaknya tak begitu dahsyat seperti pantai di jogja, pantai dengan deburan ombak yang tenang, air laut yang biru dan bersih seperti di raja ampat dan di daerah timur sana ini terbentang luas dari ujung bibir pantai sepanjang 6 kilometer, sehingga anda bisa menikmati indahnya hamparan pantai di pinggiran laut dengan merogoh kocek untuk harga tiket sebesar 5 ribu rupiah. Degan jarak tempuh yang tak begitu jauh dengan kondisi jalan yang baik dan harga tiket murah apakah anda tertarik untuk mengunjunginya?

2. Pantai Siring Kemuning

Tempat wisata di Madura Bangkalan ini banyak dikenal oleh warga masyarakat bangkalan, salah satu wisata yang populer di Bangkalan ini menawarkan sejuta pesona keindahan Indonesia, Memang pantas indonesia ini perlu banyak di eksplore kembali, sedangkan letaknya lokasi yang tepat berada di Kecamatan Tanjung Bumi.

pantai-siring-kemuning

Pantai Siring kemuning ini sangat cocok dijadikan untuk liburan keluarga, anda bisa menikmati matahari terbenam atau senset di kala sore hari jika cuaca tidak mendung, lokasi yang tidak begitu jauh dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi. Di pantai tersebut anda akan menemukan beberapa sajian menu kuliner wisata khas bangkalan seperti bebek sinjai yang disanandingkan dengan sambel pancit yang terkenal di Madura. Disamping sajian kuliner khas madura anda juga akan menemukan batik dengan khas corak madura denan harga yang terjangkau.

3. Pantai Sambilang bangkalan

tempat wisata di madura bangkalan berikutnya berada di Pantai Sambilan, mungkin tidak seperti pantai lainnya, pantai ini tergoolong masih terpencil karena tidak banyak orang yang berkunjung ke pantai ini. pantai ini berada di Desa Sambilangan, Bangkalan. Madura jawa Timur.

pantai-sambilang-bangkalan

Rute utuk menuju Lokasi Pantai Sambilangan ini anda bisa menuju ke arah selatan dari kota Bangkalan sejauh kurang lebih tujuh kilometer, meskipun daerahnya cukup terpencil, warga dan masyarakat bangkalan masih mengenakan retribusi tiket masuk sambilangan dengan dikenai tarif sebesar Rp.3000 untuk mobil dan sedangkan dengan menggunakan motor sebesar Rp.2000,-

4. Air terjun Toroan
Tempat wisata di Madura sampang yang terkenal adalah air terjun Toroan yang memiliki spot terbaik untuk mengambil gambar untuk photography ataupun liburan biasa, keunikan air terjun Toroan dengan lainnya adalah terletak pada air yang jatuh bukan hanya di bebatuan melainkan jatuh langsung ke lautan sehingga air terjun ini memiliki eksotisme laut dan pesona keindahan lainnya.

air-terjun-toroan

Objek wisata madura sampang ini memiliki berbagai fasiitas yang tersedia diantaranya sudah tersedia sarana MCK, beberapa ruma ibadah, penjual minuman dan makanan dan lain sebagainya. Bagaimana anda dapat sampai ke lokasi?

Akses rute menuju Air terjun Toroan ini berjarak kurang lebih 43 kilometer dari arah utara dengan akses jalan transportasi umunya dari kabupaten sampang menuju ketapang dan berakhir di Sokobanah, untuk lokasi detailnya berada di Desa Ketapang, Kec. Ketapang Kabupaten Sampang. Perlu diingat untuk akhir pekan dan liburan sekolah dan hari besar agama, air terjun toroan banyak dikunjungi wisatawan lokal.

5. Vihara AVALOKITESVARA

Nah, rumah ibadah dengan etnis Tionghoa ini memang masih digunakan untuk peribadatan umat Buddha. Meskipun islam mendominasi kawasan pulau Madura namun toleransi umat beragama di Madura masih dijaga dengan baik yang terbukti dari bangunan vihawara yang masih kokoh.

vihara-avalokitesvara

Ajaran Islam madura memang masih mendarah daging pulau madura, namun tidak ada salahnya anda sesekali mengunjungi vihara ini yang berada di Candi Pamekasan Madura tepatanya berada di Jalan Teja Pamekasan, Kec. Pamekasan. Jawa Timur.

Disinilah terbukti bahwa tidak ada keselisihan paham antara umat budha dengan umat islam, namun yang kami analisis bahwa jika senadainya umat islam lebih sedikit di suatu tempat maka akan tertindas, berbeda dengan umat islam yang banyak di suatu daerah maka, toleransi umat beragama masih terjadi dan tidak ada penindasan. Ketika muslim rohingnya ditindas apakah anda sadar bahwa di rohingnya umat islam cuma sedikit, maki kita berdoa semoga umat islam dapat diterima dimanapun berada sekalipun di negeri Tionghoa.

6. Gili labak Madura

Konon keindahan pantai di Gili Labak Madura ini menandingi tempat wisata di Lombok seperti Gili Trawang karena memang airnya jernih dengan pantai pasir putihnya dan menjadi tempat yang cocok

untuk berlibur bersama keluarga, Gili Labak Madura memang dapat memanjakan para pengunjung ditambah dengan pesona alam yang masih alami.

gili-labak-madura
Gili labak dapat ditempuh menggunakan jalur laut, via pelabuhan kalianget selama kurang lebih 15 menit, Gili labak ini tidak terlalu besar karena ukurannya hanya sebatas lapangan sepak bola. Meskipun pantai tersebut tidak luas, namun pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa. Nah, bagaimana rute perjalanan menuju Gili Labak?

Rute perjalanan Gili labak ini dapat ditempuh selama seharian, dari pelabuhan kalianget anda dapat menyebrang ke kecamatan Telango dengan penyebarangan sekali hanya sebesar Rp.2000. Dari kecamatan Telango anda harus menyebarang menggunakan kapal kecil dengan kapasitas penumpang antara 20-30 orang. Namun harganya agak mahal yaitu antara Rp.500 ribu sampai dengan Rp.800 ribuan ha itu tergantung dengan kemampuan anda dalam menawar harga tersebut. Meskipun dengan jarak yang ditempuh sangat melelahkan, dan rasa capek anda bisa terbalaskan sesampai anda di Gili Labak.

7. Pantai Lombang
Selain dari pantai yang telah disebutkan diatas, banyak pantai yang indah dengan objek wisata yang tiada taranya, salah satunya adalah pantai Lombang yang merupakan pantai yang cocok untuk bersama keluarga. Pantai Lombang ini merupakan objek wisata yang hampir mirip dengan pantai yang ada di pulau dewata bali atau pulau di Lombok.
Anda bisa melihat keindahan pasir putih yang terbentang luas dengan hamparan langit yang menyejukkan mata ditambah dengan angin seopi-sepoi yang tidak boleh anda lewatkan. Pantai ini berjarak 25 kilometer dari kabupaten Sumenep atau pusat kota.

pantai-lombang

Rute menuju pantai lombang ini dapat dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, tidak terlalu sulit untuk menemukan lokasinya, dengan membayar 5000 rupiah anda dapat masuk pantai lombang, namun sayangnya belum banyak pengembangan tempat menginap di pantai dan belum ada pengembangan tempat menginap untuk bermalam di sekitaran pantai lombang dan kedepannya anda dapat membawa tenda untuk menikmati suasana pantai di malam hari.

8. Wisata Kota Tua Kalianget
Nilai sejarah memang tak akan pernah mati, salah satu sejarah yang dikenal pada masa VOC belanda adalah Kota Tua Kaliange yang menawarkan berbagai peninggalan sejarah pada masa lampau, Kota Tua ini paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun manca negara.

kota-tua-kalianget

Kota Tua Kalianget memiliki unsur sejarah yang panjang terutama pada gedung pembangkit listrik pertama PT ersero Garam dan benteng VOC. sebagai salah satu peninggalan sejarah, Kota tua ini berada di bagian timur Kota Sumenep tempat yang bersejarah yang memiliki arsitektur yang sangat unik dan menawarkan berbagai kenangan dimasa lampau tanpa harus menrogoh kocek alias gratis.

9. Masjid Agung Sumenep

Wisata religi di Madura yang menjadi ikon kota madura adalah Masjid Agung Sumenep, masjid tersebut memiliki sejarah panjang sejak tahun 1779 dan tercatat sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia. Bahkan anda bisa melihat keunikan bangunannya sehingga para wisatawan yang datang ke madura dapat mengambil gambar ataupun melihat backgroundnya.

masjid-agung-sumenep

Rute menuju masjid agunung sumenep ini dapat dijangkau dengan mudah karena berada tepat di depan alun-alun kota sumenep. Sehingga mudah dijangkau oleh orang-orang yang ingin datang menuju ke Masjid Agung Sumenep dapat dengan mudah menjangkaunya.

10. Pantai Nepa

Pantai dan hutan menjadi salah satu simbol bagaimana wisata madura menjadi salah satu objek wisata yang dikenal, sehingga pantai di daerah sampang dikenal dengan Pantai Nepal anda dapat menikmati hutan sekaligus pantai dengan membayar tiket masuk pantai nepal sebesar 15 ribu rupiah.

pantai-nepa

Anda bisa bermain air karena ombaknya tidak terlalu besar berbeda dengan pantai di jogja yang ombaknya besar sekali dan anda juga dapat menyusuri hutan-hutan yang ada di kawasan nepa ini dengan alamat lokasi sebagai berikut: Desa Nepa, Kecamatan Banyuates, kabupaten Sampang Madura.

11. Museum Keraton Sumenep

Keraton sumenep memiliki sebuah museum yang memiliki nilai historis yang tinggi pada zaman penjajah abad ke-18. tempat wisata ini berada di belakang keraton Sumenep dengan peninggalan sebuah alqur’an raksasa yang memiliki panjang lebar 4X3 meter. Dengan berat al-Qur’an sebesar kurang lebih 500 kilogram.

museum-keraton-sumenep

Museum merupakan sebuah bukti bahwa adanya sejarah akan mengingatkan kita akan sejarah masa lampau, siapa penulis Al-Qur’an tersebut? penulisnya adalah seorang perempuan dari desa bluto yang bernama yani. Jika anda berminat untuk berkunjung ke lokasi museum keraton sumenep bisa langsung ke lokasi yang beralamat di jln. Dr. Sutomo tepatnya dibelakangkeraton Sumenep.

12. Pantai Rongkang
Nah, di bangkalang Madura juga terdapat pantai yang cukup eksotis di malam hari loh, nama pantainya adalah pantai rongkang sebagai salah satu pantai yang cocok untuk menenangkan pikiran dengan melihat suasana hiruk pikuk jembatan Suramadu ketika malam tiba, anda akan melihat kilauan dan pernak-pernik lampu yang berderet seperti sebuah mainan dengan deretan bintang-bintang yang rapi.

Pantai ini tak kalah menariknya dengan pntai lainnyanya untuk rute menuju lokasinya anda bisa menggunakan transportasi umum maupun darat yang berada di desa kwanyar barat, kecamata kwanyar kabupaten bangkalan madura. Nah itulah sedikit informasi terkait dengan pantai rongkang yang dapat anda jadikan refrensi destinasi ketika berada di Madura.

13. Kepulauan Kangean Madura
pantai air dalam dan tempat wisata madura perlu anda kunjungi, salah satu wisata yang tidak kalah serunya di bagian paling timur pulau madura adalah kepualauan kangean. Gugusan pulau di madura ini sebanyak 60 pulau berada di wilayah paling timur dengan luas wilayah sebesar 487 km2. Pulau yang memiliki biota laut yang masih alamai ini dibatasi oleh laut bali. Kepulauan kangean adalah salah satu pulau terbesar diantara gugusan pulau lainnya seperti pulau paliat dan pulau sepanjang.

kepulauan-kangean-madura

14. Hutan Bawah Laut Kep Kangean.
tanpa anda sadari dibawah kepulauan kagean terdapat sebuah biota laut yang menyerupai hutan, bagi pecinta diving dan snorkling kangean tempat yang cocok untuk dieksplorasi. tanaman dan terumbu karang beserta aneka ikan dengan warna-warni yang cantik ini dapat anda jadikan moment terindah dengan cara menyelam.

Keindahan bawah lautnya seperti surga yang dinantikan, nah, anda akan rugi jika ke Madura tidak pergi menyelam atau pergi diving untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya.

15. Mercusura Sembilang
Salah satu objek wisata madura yang menarik untuk anda kunjungi adalah mercusuar sambilang yang berdiri sejak penjajahan belanda pada tahun 1879. Mercusuar ini dibangun untuk pengintaian laut pada masa Z.M william III, para wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan pulau madura pada sebuah ketinggian 16 lantai untuk anakan tangga mercusuar tersebut.

mercusuar-pantai-sambilang

Meskipun mercusuar tersebut letaknya jauh daripusat kota, namun banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. dan mercusuar tersebut berada di pinggiran laut atau pantai sembilang di desa sembilang kecamatan socah.

16. Jembatan Suramadu.

Nah, tau tidak kalau kota Surbaya dan madura itu terhubung antara satu dengan yang lainnya, terutama dengan jembatan yang menghubungkan antara surabaya dan madura. Dengan adanya jembatan tersebutah perekonomian Madura bertambah maju.

jembatan-suramadu

Jembatan suramadu menjadi salah sat jembatan terpanjang di Indonesia, yang memiliki panjang mencapai 5.438 meter. Keindahannyapun terpancar ketika malam hari tiba, karena lampu yang dipancarakan di jembatan seperti halnya sebuah mainan yang sangat cantik.
Dengan dibangunnya jembatan surabaya-madura ini pembangunan di madura melaju sangat cepat, saat belum ada jembatan suramadu, wilayah dan kawasannya dibilang masih sangat tertinggal jauh untuk wilayah provinsi jawa timur, dengan adanya jembatan tersebut laju pertumbuhan pembangunan dan perekonomiannya sangat cepat.

17. Wisata Budaya Kerapan Sapi
Salah satu budaya warga masyarakat madura yang telah mendarah daging adalah, budaya mereka memperlombakan sapi dengan atraksi-atrakski yang dapat menjadi daya tarik warg adan wisatawan. Atraksi perlombaan kerapan sapi ini mengacu pada kecepatan berlari si sapi dengan saling beradu kecepatan.

wisata-budaya-kerapan-sapi

Awal mula karapan sapi ini ketika paa petan di madura sering menggunakan dua ekor sapinya untuk membajak sawah dengan menggunakan bambu ditengahnya, dan bambu tersebut diarahkan oleh para petani untuk membajak sawah sebelum ada trkator atau mesin, dari situlah, masyarakat madura terinspirasi untuk membuat acara karapan sapi untuk diperlombakan. Sampai ada akhirnya kebiasaan tersebut menjadi budaya dan tradisi, bahkan sampai sekarang masih banyak yang menggelar acara tersebut setiap tahunnya.

18. Gunung Jaddih
salah satu tempat wisata di madura yang masih tergolong baru dan unyu adalah objek wisata gunung jaddih. Wisata baru di madura ini menawarkan keunikaan tempatnya yang semula merupakan sebuah lahan tambang batu gamping. Salah satu objek wisata yang tidak boleh dilewatkan saat ini dimana jaraknya sangat mudah dijangkau.

gunung-jaddih

Rute untuk menuju ke Gunung Jadih bisa ditempu selama 20 menitan dari pusat kota Bangkalan dengan jarak 10 kilometer, wisata baru di madura ini ramai dikunjungi ketika liburan datang, yang awal mulanya sebagai bekas dari lahan tambang dari empat lokasi desa yaitu desa pasreh, desa rabasan, desa sanggra agung dan desa jaddih timur.

19. Air terjun Kokop
salah satu hal unik di wisata madura bangkalan lainnya ada yang berupa air terjun yang berada di desa durjan kecamatan koko, kabupaten bangkalan. Air terjun Kokop ini tidak kalah keindahannya dengan air terjun toroan maupun air terjun Bungliyas di pamekasan madura.

air-terjun-kokop

Nah jika anda tertarik untuk mengunjunginya anda harus ekstra strong karena memang untuk sampai ketempat tersebut dibutuhkan wktu selama 2 jam perjalanan dengan jarak mencapai 60 kilometer dengan akses jalan masih bebatuan , nanti anda akan offroad deh dengan menggunakan jeep seperti di lavatour merapi hehehe. Namun, sangat disangkan jika sudah sampai Madura tidak juga menikmati keindahan alam madura.

20. Gua Blaban
Salah satu tema wisata di pamekasan madura yang wajib anda kunjungi ketika berada di Madura adalah Gua Blaban yang awal sejarahnya ua ini ditemukan oleh seorang warga dusung Rojing yang bernama Sati, saat i sati ingin membuat sumur dekat rumahhnya dan iapun terkejut ketika galiannya tersebut sedalam 7 meter menemukan sebuah cahaya pada penggalian sumurnya.

gua-blaban-madura

Namun, saat itu para warag ketakutan dengan lubang tersebut dan pada akhirnya mereka mengetahui kalau di dalam sana ada sebuah gua sehingga tempat tersebut dijadikan sebuah lokasi tempat wisata yang berada di dusun Rojig desa blabar kecamatan batu marmar, Pamekasan.

21. Api tak kunjung Padam.
Salah satu keunikan dan fenomena alam di madura yang tak pernah pada walaupun hujan turun adalan kobaran api yang terletak di desa larangan tokol, keamatan Tlanakan yang jaraknya dapat ditempuh dalam kurun waktu selama kurang lebih 10 menitan dari pusat kota dengan jarak 4 kilometer.

api-tak-padam-di-madura

Kobaran api tersebut adalah keunikan fenomena alam dan murni dari alam tidak ada hal magis didalamnya sehingga hal ini sangat unik untuk dijadikan salah satu destinasi tujuan tempat wisata ketika berada di Madura.

22. Sentra Batik Madura

Tidak hanya jwa yang memiliki khas batik model jawa, namun juga madura memiliki ciri khas batik yang dapat dijadikan buah tangan ketika pulang liburang. Batik khas madura ini berbeda dengan batik-atik lainnya yaitu terletak pada corak yang digunaknnya.
Batik tersebut dibilang sangat ramai untuk dijadikan buah tangan ataupun oleh-oleh karena memang memakai batik adalah salah satu budaya dan adat orang Madura, jika anda ingin membeli batik tersebut bisa datang langsung ke sentra penjualan batik madura di Tanjnng Bumi.

sentra-batik-madura

from instagram @dzofar

Rute menuju ke Tanjung bumi bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umun dengan jurusan Bangkalan dan tanjung bumi, jika anda menggunakan motor bisa kurang lebh sat jam perjaanan dengan jarak sekitar 0 kilometer bisa lewat jalan Raya Sepuluh ke macajah ataupun jalan Raya Meneron. Meskipun jaraknya jauh sentra pusat batik madura tetap ramai dikunjungi untuk oleh-oleh ketika habis liburan.

23. Pantai Jumiang.
Tidak ada habis-habisnya jika kita terus mengeksplore Madura, salah satunya adalah tempay wisata pantai Jumiang yang berada di dusun Jumia, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, kabupaten pamekasan Madura,

salah satu pantai yang terkenal di madura ini menyajikan panoram keindahan alam yang luar biasa dengan harga tiket masuk pantai jumiang sebesar 3000 rupiah untuk satu orang.

pantai-jumiang

Rute menuju pantai Jumiang ini berada di sebelah tenggara kabupaten pamekasan yang berjarak 12 kilomter dari pusat kota, pantai ini berbeda dengan pantai lainnya karena memang pantai ini berada di dataran tinggi ataupun tebing tebing.

24. Monumen Sampang
Tempat museum wisata yang harus anda kunjungi di sampang madura adala Monumen sampang yang menawarkan keindahan monumen yang terbuat dari logam yang berwarna kuning pekat. Banyak orang yang datang ke titik nol kabupaten sampang yang dibuat monumen ini, di sora harinya monumen ini sering digunakan untuk anak-anak untuk bemain dan bersantai bersama orang tua.

monumen-sampang

Monumen smapang ini bak sebuah taman yang digunakan untuk bersantai dan beristirahat karena tempatnya yang strategis berada di Gang sekar, kecamatan Sampang, Madura Jawa timur.

25. Tirta Sumekar Indah

menjadi salah satu tujuan tempat wisata di madura yang berada di Jalan raya Lenteng Km Sumenep Madura. Salah satu destinasi objek wisata yang menyuguhkan aneka ragam permainan yang berupa air saat ini, bisa anda jadikan tempat favorit dikala sedang ingin bersantai dengan harga tiket sebesar 5 ribu untuk hari biasa dan 6 ribu rupiah untuk hari libur.

tirta-sumekar-indah
banyak fasilitas yang tersedia ketika berada di tirta ini salah satunya adalah kolam pemandian baik utnuk dewasa dan anak-anak dengan sarana parkir yang luas dengan diiring panggung hiburan, kedai san sarana permainan.

Selain sebagaii tempat permaian di tirta ersebut juga menyediakan lapangan futsal dengan tarif 50 K per jamnya selain itu juga dijadikan tempat pertunjukan, pementasan banda dan begabagi perlomban-lombann, tunggu apalagi silahkan anda datangi tempat objek wisata tirta sumekar Indah.

Nah, bagaimana dengan ulasan tempat wisata di Madura? bingung milihnya kan untuk kegiatan liburan anda saat ini, untuk itu bisa anda jadikan daftar atau list tujuan wisata ketika di Madura sehingga anda bisa merencanakan sebelum anda pergi ke madura, anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di lombok

Pictures gallery of Daftar Objek Tempat Wisata di Madura (Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, Sampang)

  • wisata-budaya-kerapan-sapi
  • vihara-avalokitesvara
  • tirta-sumekar-indah
  • sentra-batik-madura
  • pantai-slopeng
  • pantai-siring-kemuning
  • pantai-sambilang-bangkalan
  • pantai-nepa
  • pantai-lombang
  • pantai-jumiang
  • museum-keraton-sumenep
  • monumen-sampang
Daftar Objek Tempat Wisata di Madura (Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, Sampang) | admin | 4.5
Leave a Reply