Daftar Tempat Wisata di Cirebon Yang Menarik Untuk dikunjungi

Wednesday, March 18th, 2015 - Alam, Kebudayaan, Tempat Wisata

Seputarharga.com, Tempat wisata di Cirebon merupakan salah satu tempat yang wajib anda kunjungi ketika berada di Jawa Barat. Ciri khas orang jawa barat ini berbeda dengan orang jawa, luar jawa, maupun dari keturunan melayu.  Kawasan wisata cirebon ini akan menampilkan beberapa karakteristik termasuk budaya dan adat istiadatnnya. Sebagian besar kawasan di jawa barat sudah dapat dijangkau dengan kendaraan beroda dua maupun kendaraan yang beroda empat atau mobil. Banyak pilihan yang dapat anda gunakan untuk transportasi menuju wisata cirebon, namun sebelum anda berwisata, sedikit saran saya untuk merencanakan budget terlebih dahulu dan menentukan wilayah mana saja yang akan anda kunjungi. Kami akan menginformasikan sedikit wilayah jawa barat termasuk untuk di Cirebo untuk pilihan berkunjungi di Seputar Wisata Jawa Barat.

Liburan rekreasi di kawasan Jawa Barat Adalah suatu alasan yang tepat bagi anda yang ingin melakukan perjalanan sejauh lebih dari 80 km dari letak rumahnya untuk menjernihkan fikiran, bersenang-senang atau keperluan keharmonisan keluarga.  Tidak hanya mempersiapkan jiwa raga ataupun fisik saja namun harus ada persiapan materi, persiapan rohani dalam bepergian, karena kita akan dihadapkan suatu tantangan yang notabene membutuhkan doa’agar selamat sampai tujuan yang telah kita tentukan. Berdo’a agar keselamatan anda terjaga tanpa ada aral yang melintang. Adapun beberapa Daftar Tempat wisata di Cirebon yang harus anda kunjungi adalah sebagai berikut;

1.  Tempat Wisata Keraton Kasepuhan

Wisata Keraton Kasepuhan

Wisata Keraton Kasepuhan

Keraton kasepuhan cirebon adalah salah satu keraton yang termegah dan paling terawat di Cirebon. Karaton tersebut memiliki arsitektur  yang bersejarah dengan corak budaya yang kental dan sangat kha, halaman depan kraton yang dikeliling oleh tembok bta menjadi salah satu arsitek jaman dahulu dan anda juga akan mendapatkan pendopo didalam kraton tersebut.  Kraton Kesepuhan ini terletak di pusat kota cirebon  yang merupakan suatu komplek yang menghadap keutara dengan sebuah alun-alun yang berbentuk lapangan persegi.

Peninggalan bersejarah ini tidak boleh dibiarkan rusak,  apalagi dirusak oleh orang yang tak bertanggung jawab. Keraton ini juga memiliki benda-benda bersejarah yang lengkap mulai dari lukisan, benda pusaka  sampai dengan hal-hal yang berbau mistis. Salah satu benda keramat yang keramatkan adalah sebuah kereta yang bernama Kereta Singa Barong. Kereta tersebut tidak digunakan lage atau dijadikan benda museum dan hanya dikeluarkan dari keraton setiap tanggal 1 Syawal untuk dimandikan. Kepercayaan mistis ini masih ada di kraton sampai sejak zaman modern ini, tidak hanya keraton cirebon yang memandikan benda-benda keramat mereka melainkan juga kraton jogja dan kraton solo yang juga melakukan upacara setiap tanggal 1 Syawal.  Dalam kraton tersebut terdiri sebuah bangunakan yang berwarna putih  yang didalamnya terdapat sebuah ruangan tamu dan ruang singgasana raja beserta dengan ruang tidurnya.

Di area kawasan depan kraton cirebon terdapat alun-alun berbentuk persegi yang diberi nama dengan Alun-alun sangkala buana, Alun-alun ini merupakan peninggalan bersejarah karena di masa lampau alun -alun ini digunakan sebagai latihan keprajuritan  yang diadakan setiap hari sabtu atau diistilahkan oleh amsyarakat zaman dulu dengan sebutan septonan.  Di alun-alun inilah dilaksanakan hukum islam timbul seperti hukum cambuk bagi siapa saja yang melanggar peraturan dan syari’at. Untuk area kawasan sebelah barat dari kraton terdapat Masjid  sebagai tempat ibadah orang Islam yang diberinama dengan Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Adapun pada area kawasan sebelah timur dari alun-alun kraton kesepuhan ini adalah sebuah pasar sebagai tempat perdagangan jual beli dalam memajukan perekonomian masyarakat kota cirebon. Pasar ini memiliki suatu kekhasan yaitu pada minuman poci yang diracik dengan sangat nikmat. Model kraton seperti ini sangatlah unik dengan letak yang sangat strategis. Alun-alun yang berada diantara kraton dan Sebuah Masjid dan disebelah timur alun-alunpun terdapat sebuah pasar sebagai pusat sentral perdagangan. Model seperti ini menjadi landasan bagi beberapa kantor pemerintaha di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia dengan gaya letak  layaknya kraton. Susunan letak gedung pemerintahan saat ini  menggunakan model keraton, yang mana sebelah barat dari gedung pemerintahan adalah Masjid  dan depan gedung pemerintahan juga Alun-alun. Sebelum Memasuki Gerbang Komplek keraton kesepuhan anda akan melihat dua buah  pendopo di kawasan sebelah barat dan sebelah timur. Untuk gerbang sebelah timur dinamakan sebagai Pancaniti  yaitu sebagai tempat perwira  keraton yang diadakan latihan keprajuritan sedangkan disebelah barat tempat tersebut digunakan sebagai tempat berkumpulnya para punggawa kraton, lurah atau pada zaman sekarang disebut dengan pamong praja. Memasuki kedalam komplek kraton anda akan menemukan sebuah banguan yang tinggi dengan tembok bata  kokoh disekelilingnya,  Bangunan tinggi dengan tembok yang kokoh ini disebut dengan Sitti Inggil dalam bahasa cirebon disebut dengan lemah dhuwur atau tanah yang tinggi, Seperti  yang nampak terlihat didepan mata, bangunan tinggi ini sebagai salah satu  ciri khas dari Sitti Inggil  dengan bangunan yang nampak mirip dengan candi pada zaman Majapahit. Bangunan tersebut di bangun ketika masa pemerintahan Syekh Syarif Hidayatullah atau sering kita sebut dengan Sunan Gunung Jati.

Bagaiaman aanda dapat menuju Lokasi Kraton Kesepuhan ini? Cukuplah mudah untuk menuju ke Keraton Kesepuhan ini , karena berada di pusat kota yang berada di kelurahan kesepuhan, kecamatan lemah wungkuku dengan kendaraan seperti ojek, becak, taxi anda dapat menuju ke keraton tersebut sekitar 30 menitan anda bisa mencapai tempat tersebut dari terminal.

2. Tempat Wisata Keraton Kanoman

Keraton Kanoman

Keraton Kanoman

Keraton Kanoman merupakan  salah satu pusat peradaban kesultanan cirebon, keraton ini  merupakan salah satu pusat pertama kali didirikan setelah itu berpecah jadi beberapa keraton seperti keraton kecirebonan, kraton kesepuhan, keraton kanoman dan keraton keprabonan.  Di keraton Kanoman ini masih ada keturunannya yang ke duableas yang bernama Raja Muhammad Emiruddin beserta keluarganya.  Keraton Kanoman ini adalah salah satu keraton yang memiliki 27 bangunan komplek didalamnya. Salah satu  bangunan tersebut dinamaka Bangsal witana yang merupakan salah satu bangunan dari cikal bakal keraton yang luas bangunan tersebut lima kali lapangan sepakbola.

Di Keraton Kanoman ini masih banyak benda-benda bersejarah miliki sunan gunung jati  Seperti dua kereta yang bernama Paksi Naga liman  dan Jempan yang masih terawat dengan baik.  Benda sejarah tersebut seperti  Burak atau Hewan yang dijadikan kendaraann Nabi Muhammad ketika Isra’ Mi’raj kelangit ketujuh. Tidak jauh dari dertan kereta naga tersebut  terdapat sebuah pendopo  untuk penerimaan seorang tamu yang datang untuk berkunjung, atau sebagai salah satu tempat untuk penobatan sultan, pemberian restu dan lainnya, Dan bagian tengah komplek keraton terdapat sebuah bangunan yang bernama dengan Sitti Hinggil. Keraton Kanoman ini berada di  Keluarahan Lemahwungkuku, kecamatan lemahwungkuk, kota cirebon.  Tata letak Keraton ini mirip dengan kraton dan yang lainnya dengan sebelah barat terdapat Masjid Keraton Kanoman dan sebelah utara terdapat Alun-alun dan pasar Kanoman.

Anda dapat menemukan banyak cindera mata diarea keraton kanoman seperti lukisan kaca, batik khas cirebon, benda-benda kerajinan lainnya dengan juga menemukan masakan khas dari Cirebon terutama di Area kawasan Keraton Kanoman.  Bagaimana anda dapat menuju ke keraton Kanoman ini? Akses jalan ke Keraton Kanoman harus melalui pasar tradisional yang mengasyikkan dan merupakan oleh-oleh khas cirebon anda bisa membeli oleh-oleh yang jaraknya tidak jauh dari Keraton Kanoman dengan menggunakan sebuah transportasi trayek dengan arah dari Dukuh Semar – ciperna (DC) , Dukuh semar Majasem (D2), dukuh semar atau perum (D5) . Biaya masuk sekitar 3500 ribuan perorangnya jika anda menggunakan alat dokumentasi maka akan dikenakan 2 ribuan perbuahnya.

3. Tempat Wisata Gua Sunyaragi.

Tempat Wisata Gua Sunyaragi

Tempat Wisata Gua Sunyaragi

Gua SUnyaragi merupakan sebuah gua yang berada di sebelah barat dari pusat kota cirebon, tepatnya yaitu didaerah kelurahan Graksan. Bangunan uni berada di kawasan tersebut yang dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama Tamansari Gua Sunyaragi. Petilsan arsitektur  estetik yang bernila histrosi dan bersijarah ini mengungkapkan tabir dari nilai-nilai ajaran spiritual dari Islam yang merupakan bagian dari sejarah Indonesia sejak zaman dulu. Pembangunan taman sari Gua Sunyaragi ini dilakukan sejak tahun 1703, gagasan dari seornag patih cirebon yang bernama Pangeran Arya Cirebon, sedangkan karya dan peninggalan sejarah dari sang patih ini adalah “Purwacaraka Cirebon”  yang susunannya tertera pada tahun 1720. Arti dari nama Sunyaragi ini adalah Sunya yang berarti sepi  dan Ragi yang berarti Raga atau jasmani.

Taman Gua Sunyaragi ini adalah sebuah konsep bangunan  yang paling indah pada zaman dahulu, walaupun sekarang menjadi salah satu bangunan kuno yang bersejarah  dengan macam-macam kompleknya  yang apabla dibagi-bagi amaka bangunan tersebut  akan ada 12 bangunan inti  Dan satu tambahan yaitu Gua Sunyaragi yang memiliki luas sekitar 15 hektar  sebagai objek cagar budaya yang harus dilindungi dan dirawat baik-baik . Objek cagar budaya ini berada di sisi jalan Brigjen Dharsono, CIrebon. Komposisi yang terdapat pada Gua tersebut merupakan sebuah taman air sehingga disebut dengan taman air gua Sunyaragi.

Zaman dahulu kala Komplek Gua Sunyaragi ini dikelilingi oleh Danau Jati namun sekarang danau tersebut sudah mengering  dan juga diarea kawasan Gua tersebut banyak air terjun buatan yang menghiasi keindahan Tamansari Gua Sunyaragi  dan sebuah hiasan taman seperti gajah, patung wanita perawan sunti, dan patung garuda. Komplek taman sari Sunyaragi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Pesanggarahan dan bangunan gua. Bagian pesanggraha ini dilengkapi dengan serambi, ruang tidur, kamar mandi, kamar rias dan tempat ibadah dan dikelilingi oleh taman yang lengkap dengan kolam. Bangunan gua  berbentuk gunungan menjadi pelengkap sebuah komplek terowongan sebagai penghubung bawah tanah dan saluran air. Untuk bagian gua ini memiliki induk gua yang bernama Dua peteng atau Gua gelap yang berfungsi sebagai tempat bersemedi. Keraton zaman dahulu memiliki beberapa gua untuk tempat-tempat ritual dan lainnya seperti gua pawon sebagai tempat penyimpanan perbekalan makanan prajurit dan Gua Pande yang dikhususkan sebagai tempat pembuatan senjata sekaligus tempat penympanan senjata dan secara garis besar Tamansari Gua Sunyaragi adalah sebagai tempat para pembesar keraton dan perajurit keraton untuk bertapa dan meningkatkan ilmu kanuragannya.

Bagaimana anda dapat menuju kelokasi tempat wisata Gua Sunyaragi ini? Anda bisa menggunakan transportasi kendaraan darat dari arah terminal Harjamukti anda bisa mencapai Gua SUnyaragi kurang lebih 700 meter dan jaraknya sangat dekat dengan Jalan pantura.

4. Tempat Wisata Makam Gunung Jati

Makam Gunung Jati

Makam Gunung Jati

Wisata Makam Gunung Jati digunakan sebagai wisata religi yang cukup penting bagi warga masyarakat NU atau agama islam lainnya. Letak makam sunan gunung jati ini berada di area kawasan  sekitar 6 kilometer dari pusat kota cirebon dan berada di kaki gunung sembung  di desa Astana, Kec. Cirebon Utara, Kab. Cirebon  yang memiliki lahan seluas 5 hektar. Ada dua kawasan Makam sebagai tempat wisata religi seperti komplek makam gunung jati yang memiliki kurang lebih 500 makam dan komplek makam Syekh Dathul Kahfi di gunung jati  yang berada di Gunung sembung di timur jalannya . Di komplek Makam Sunan Gunung Jati ini terdapat 9 pintu utama untuk mencapai makamnya namun untuk peziarah umum hanya sampai dizinkan samapi pintu keempat muka pesambangan. Makam Sunan Gunung Jati hanya diperbolehkan oleh keluarga dari keraton sebagai keturunannya selain itu juga dari petugas kebersiha yang merawatnya sebagai salah seorang juru kunci. Selain orang yang disebutkannya tidak boleh memasuki makam sunan gunung jati.

Transportasi yang digunakan untuk menuju ke kawasan wisata Makam Gunung Jati ini dapat ditempuh menggunakan bus, mobil dan motor  jika dari arah barat , maka sesudah melewati pasar celancang sekitar 1 km akan ditemui komplek makam sunan gunung jati, Jika dari pusat kota cirebon anda bisa mengikuti rute yang mengarah ke Pasar cilencang yang jaraknya sekitar kurang lebih satu kilometer.

5. Tempat Wisata Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin

Wanawisata Ciwaringin ini adalah salah satu tempat wisata alam yang memiliki kawasan Hijau yang paling banyak dibandingkan dengan kota lainnya yang sangat rindang dan unik, karena akan banyak anda temukan pohon yang berjenis kayu putih. Wana wisata ini akan ramai dikunjungi pada hari libur seperti minggu dengan suasana yang asri dan disekitar wanawisata terdapat sebuah danau yang dijadikan sebagai tempat untuk pemancingan sehingga anda dapat memuaskan hobi anda ketika anda berada di Wanawisata Ciwaringin ini.

6. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang ini berada di tempat yang dikelilingi oleh kolam-kolam tempat pemacingan ingka sehingga berdisi rumah makan dengan menu-menu spesial ikan. Dijamin dengan beradad id desa wisata Cikahalang ini anda akan menemukan menu ikan yang masih segar saat pengolahannya. Desa ini sebagai tempat favorit keluarga yang ining menyantap menu masakan yang berasal dari tempat kolam-kolam pemancingan diarea kawsan kecamatan Dukupuntang.

7. Tempat Wisata Situ Sedong

Tempat Wisata Situ Sedong

Tempat Wisata Situ Sedong

Situ Sedong merupakan sebuah waduk buatan yang juga sebagai tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh warga sekitar , selain anda bisa melihat pemandangan yang indah, Anda bisa membawa keluarga anda untuk bersantai dengan mengelilingi waduk buatan ini dengan sebuah mainan yaitu bebek air. Waktu yang tepat untuk menuju kelokasi adalah pada waktu sore hari karena tempat wisata tersebut akan lebih nyaman dan tidak terlalu panas.

8.  Tempat wisata Banyupanas Paliman

Banyu Panas Palimanan

Banyu Panas Palimanan

Tempat wisata Banyupanas Paliman adalah sebuah tempat wisata yang ada di cierbon yang dapat ditempuh dari pusat kota yang berjarak 25 sampai dengan 30 menitan perjalan, air yang berada di Banyu Panas paliman ini adalah air asli yang merupakan sumber air panas yang dapat menyembuhkan gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya karena air panas tersebut banyak mengandung belerang , Banyu panas paliman ini berada di desa paliman barat, kecamatan paliman, cirebon.

9. Tempat wisata Taman Ade Suryani Nasution

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Tempat wisata Taman Ade Suryani Nasution merupakan salah satu taman yang berada di pusat kota cirebon dan menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi. Taman ade Irma ini diganti nama  pada tahun 1966. Salah satu tempat rekreasi yang asik dan tempat bermain anak yang lokasinya tidak jauh dari pelabuhan yang berada di CIrebon sehingga anda akan melihat keindahan pantai setiap anda ke taman Ade suryani ini. Waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga adalah pada hari minggu karena ada pertunjukan pentas musik di area kawasan taman.

10 . Masakan Khas Cirebon Nasi Jamblang

Masakan Khas CIrebon Nasi Jamblang

Masakan Khas CIrebon Nasi Jamblang

Bagi para wisatawan yang berkunjung dicirebon jangan lupa untuk menikmati menu masakan Nasi Jamblang, kurang lengkap rasanya jika tidak menemukan menu dan masakan Khas Cirebong dengan penyajian yang cukup unik yaitu dengan disajikan diatas daun jati. Anda bisa memilih lauk pauk yang anda gunakan mulai dari telur puyuh, cumi, tahu goreng, berkedel, tempe goreng dan lainnya Banyak tempat yang menyediakan nasi jambalng ini sehingga anda tidak ketinggalan untuk melengkapi wisata anda.

Namun bagi anda yang belum memiliki tujuan untuk tempat tinggal kami informasikan bahwa banyak penginapan yang dibandrol dengan harga yang murah seperti Hotel Saresae yang dibandrol dengan harga mulai 160 ribuan yang berada di Jalan siliwangi dekat Stasiun Kereta Api Cirebon hotel lainnya adalah Hotel Sidodadi dengan tarif permalamnya dengan harga 150 ribuan. Dan itulah beberapa Daftar Tempat Wisata di Cirebon

Pictures gallery of Daftar Tempat Wisata di Cirebon Yang Menarik Untuk dikunjungi

  • Wisata Keraton Kasepuhan
  • Wanawisata Ciwaringin
  • Tempat Wisata Situ Sedong
  • Tempat Wisata Gua Sunyaragi
  • Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution
  • Masakan Khas CIrebon Nasi Jamblang
  • Makam Gunung Jati
  • Keraton Kanoman
  • Desa Wisata Cikalahang
  • Banyu Panas Palimanan
Daftar Tempat Wisata di Cirebon Yang Menarik Untuk dikunjungi | admin | 4.5
Leave a Reply