15 Tempat Wisata yang ada di Boyolali Jawa Tengah

Friday, August 19th, 2016 - Alam

Tempat wisata di Boyolali yang menarik untuk dikunjungi, Apakah anda melewati kota boyolali ketika ingin berpergian ke semaranag setelah anda berkunjung dari solo, sragen dan klaten. Kabupaten ini masuk di daerah provinsi jawa tengah. Boyolali adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah, Lokasinya masih alami berada di sebelah utara kota solo ke arah kota Semarang, Sebelum berkunjung ke tempat wisata semarang boleh kok menginap dan menjelajahi kota boyolali yang terkenal dengan penghasil susu sapi. Salah satu kabupaten yang dikenal oleh banyak orang dengan produsen susu sapinya, kebanyakan mereka menjualnya dipingir jalan dengan ditamabh rasa selain dijual langsung sebagai susu segar untuk konsumen. Tak heran loh, kalau orang boyolali ini sehat bugar karena tiap hari minumannya susu sapi khas boyolali. Selain sebagai produsen susu sapi, kebanyakan masyarakatnya juga memiliki kegemaran bercocok tanam, khususnya untuk daerah yang subur berada di kawasan Selo dan Cempago.

Nah, anda masih penasaran dengan tempat wisata boyolali yang menarik dan masih alami untuk dikunjungi. Belum banyak orang yang mengetahuinya, karena masih jarang dari masyarakat Indonesia kebanyakan menjadikan tempat wisata populer seperti wisata jogja untuk dikunjungi. Daerahnya yang berada di sebelah utara kota solo menjadikan tempat wisata ini belum banyak dikunjungi karena belum banyak yang mempromosikan kota boyolali sebagai tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Lokasina yang cukup strategis terutama perbatasana dengan semarang di sebelah utaranya kota surakarta, srgaen, solo dan klaten terutama dari sisi lokasi menjadikan kota ini memiliki lokasi yang strategis terutama di daerah selatannya kota ini adalah Daerah Istimwa Yogyakarta sedangkan di perbatasan barat ada pada kawasan Magelang sebagai tempat wisata yang juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara terutama di candi Borobudur dan candi lainnya.

Kali ini kami akan mengulas sedikit info seputar wisata Boyolali yang perlu digali lebih banyak sebagai salah satu objek yang harus dipromosikan supaya semua orang mengetahui, apa saja wisata yang menarik di boyolali untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

1. Air Terjun Kedung Kayang
Air Terjun Kedung KayangTidak kalah serunya dengan wisata jogja, di Boyolali juga terdapat air terjun yang mengalir jernih dengan keindahan alam yang masih asri dan alami. Salah satu tempat yang paling diminati oleh para wisatawan lokal adalah pesonanya yang membuat pikiran dan mata anda terbelalak, apalagi ketika air terjun ini berada pada apitan dua gunung besar di jawa tengah seperti gunung merapi dan gunung merbabu.

 

Bagaimana anda dapat menuju ke air terjun ini? seberapa dekat antara Magelang, Jogja dan Boyolali. Untuk jarak tempuh dari Boyolali dan Magelang memang tak begitu jauh sampai 30 km, untuk selang waktu perjalan kemungkinan besar menghabiskan waktu sekitar 1 jam sedangkan dari Jogja membutuhkan waktu sekitar 1,45 jam untuk jarak 55 km.

Konon katanya warga masyarakat Magelang juga menginginkan air terjun ini, dan menjadi rebutan antar warga yang berada di Kecamatan Sawangan Magelang dan Kecamatan Selo, Boyolali. Sampai saat ini air terjun ini di dominasi oleh Warga masyarakat boyolali sebagai tempat wisatanya. Bagaimana dengan harga tiket masuknya? Untuk harga tiket masuk Air terjung Kedung Kayang dihargai Rp.2500 per orang. Sebagai tempat wisata yang indah, para pengelola juga menyediakan tempat istirahat dibawah air mata mengalir yang jernih di bawah air terjun. Tenang saja ketika anda ke malaman, anda dapat menginap di sekitaran area air terjun dan juga tersedia warungnya terutama dikunjungi pada waktu liburan nasional dan libur weekend.

2. Pemandian Umbul Pengging

Jernihnya air yang menggenang di sebuah mata air atau umbul, membuat nafsu kita tak tertahankan untuk sekali menyelam ke dasaran. Tak hanya di tempat wisata klaten yang juga menawarkan pemandian kolam umbul, Anda dapat menuju ke lokasi pemandian pengging ini dengan jarak tempu sekitar 20 menit dari kota Solo.

Pemandian Umbul Pengging

Pemandian Umbul Pengging terletak di kecamatan Banyudono, yang menurut sejarahnya pemandian ini digunakan untuk pemandian keluarga Kraton Kasunan Solo, dahulu kala pemandian ini disebut dengan pemandian Tirto Marto sehingga tidak salah jika di sekitar pemandian pengging ini terdapat bangunang-bangunan yang unik dan memiliki gaya desain yang menarik pada sejarah masa lalu. Di samping Pemandian Umbul Pengging juga terdapat sebuah makam pujangga dari Keraton Surakarta yang bernama Radeng Ngabehi Yosodipura.

Bangunan yang berada di Pemandian Umbul Pengging masih bernuansa Keraton Kasuanan Surakarta, dan dahulu kala menjadi pemandian para keluarga kraton inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung ke Pemandian Umbul Pengging.

3. Taman Air Tlatar.

Salah satu objek wisata yang tidak kalah menariknya adalah tempat wisata Boyolali yang berlokasi di Desa Kebnbimo, Kec. Boyolali yang bernama Taman Air Tlatar. Jarak tempuh untuk menuju ke Taman Air Tlatar dari kota sekitar 4 km. Taman Air Tlatar sebagai tempat wisata boyolali ini banyak menyediakan fasilitas, taman wisata, kolam renang, kios cindera mata, pemancingan, dan beberapa panggung yang disediakan ketika liburan.

Taman Air Tlatar

wahana wisata air ini juga menyediakan sajian kuliner yang seru, menikmati liburan yang tak kalah seru dengan bermain air, kolam keceh , becek air dan terapi ikan di kolamnya. Tak heran lagi jika obyek wisata di Boyolali ini, banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal.

4. Trekking Gunung Merbabu
Apakah anda seorang pendaki? jika anda suka mendaki, Trekking gunung merbabu ini sangat cocok untuk anda sebagai salah satu jalur trek untuk pendakian. Objek pendakian yang berada di Jalur Selo inilah yang aman digunakan karena gunung merbabu sendiri teletak di Kabupaten Boyolali, Magelang, Kota Salatiga. Ya dijalur Selo, Boyolali inilah trek yang paling bagus untuk pendakian ke Gunung Merbabu ke puncak atas.

Trekking Gunung Merbabu

Pecinta Alam memang sering menggunakan jalur selo untuk pendakian. Dengan pemandangan yang paling indah dan menarik inilah anda akan melihat beberapa bunga edelwis yang tumbuh dibeberapa padang sabana yang sangat luas. Sehingga banyak pendaki yang menggunakan jalur trekking Selo untuk menuju ke puncak gunung merbabu.

5. Candi Lawang.
Tidak hanya di Jogja, Magelang, Klaten yang memiliki pesona prasati sejarah kerjaan di Indonesia, salah satu tempat wisata boyolali ini juga terdapat bangunan sejarah peninggalan masa lampau terutama peninggalan para wali dan hindu budha, salah satu peninggalan sejarah Hindu di Boyolali yaitu Cand Lawang, Meskipun di sekitaran candi tidak terdapat relief yang menjadi saksi bukti peninggaan sejarah, namun, di sekitar candi masih banyak bebatuan candi yang berserakan dan bebatuan yang berornamen masa lalu.

Candi Lawang

Candi Lawang ini terletak di Sebuah dusun Kec Cepogo yaitu Gedangan, untuk menuju candi ini anda harus membutuhkan waktu sekiatar 1,5 jam dari jogja. Rute perjalanan terdekat ke candi ini dari Jogja menuju Klaten baru dari Klaten langsung menuju Ke Boyolali tanpa harus melewati Solo Kertasura.

6. Candi Sari
Tak hanya candi lawang yang memiliki nilai sejarah kerajaan hindu, Candi sari juga memiliki nilah sejarah masa lalu yang ditemukan pada tahun 1967. Candi ini berada di Desa Gedangan yang letaknya tidak jauh dari candi lawang. Candi Sari ini konon katanya memiliki mata air kepercayaan yang masih dikeramatkan oleh warga sekitar, sehingga masyarakat sekitaran candi sari masih melestarikannya hingga sekarang

Candi Sari

Beberapa desa yang mengelilingi candi sari ini antara lain candirejo dan josari yang berlokasi berada di sebuah bukit di Cepogo.

7. Waduk Kedung Ombo.
Tak hanya di kota-kota besar yang ada waduknya, namun di boyolali juga terdapat waduk yang diberinama Waduk Kedung Ombo yang menjadi salah satu objek tempat wisata boyolali yang digunakan masyarakat sekitar sebagai tempat pemancingan dan rekreasi hutan.

Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo terletak di Ds. Wonoharjo, Kecamatan Kemusu yang letaknya agak jauh dari kota Boyolali sekitar kurang lebih 50 kilometer. Namun sebenarnya waduk ini tidak terletak di Boyolali namun Juga berada di 3 kabupaten seperti Sragen, Boyolali dan Grobogan. Waduk ini sampai sekarang memiliki fungsi mengaliri sawah dengan pemandangan yang menarik dengan view gunung dan ada beberapa resort berada di tengah waduk. Adapun beberapa fasilitas yang disediakan seperti, rumah maka apung, tempat memancing, hutan wisata, bumi perkemahan dan wisata air.

8. Waduk Cengklik

Selain dari objek wisata waduk cengklik, Boyolali juga menyediakan tujuan tempat wisata seperti waduk cengklik. Waduk tersebut berada di Desa Ngargorejo dan Sobokerto yang berada di kecamatan Ngemplak, luas waduk cengklik berada pada genangan 300 Ha. Fungsi waduk cengklik ini sampai zaman sekarang dapat mengairi lahan sawah seluas 1578 ha. Bagiaman untuk dapat menuju ke waduk cengklik?

Waduk Cengklik

Untuk menuju ke lokasi waduk cengklik, jikalau dari kecamatan Ngemplak dapat ditempuh kurang lebih 20 kilometer ke arah timur laut. Sedangkan untuk dari Bandara Adi Sumarmo ditempuh sekitar kurang lebih 1,5 km ke arah barat dari Bandara. Objek wisata waduk cengklik ini sangat cocok untuk para fotografer, karena memang memiliki pemandangan yang bagus ketika matahari terbenam atau sunset. Dan menjadi spot terbaik untuk mengambil foto di sore hari.

9. Gardu pandang New Selo

Objek tempat wisata new Selo ini memiliki sejuta warna dalam menikmati gunung yang berada di kawasan Taman Nasional gunun Merapi dan Gunung Merbabu. Dari ketinggian inilah anda akan dapat melihat panorama alam dan juga new selo dijadikan oleh para pendaki untuk melakukan pendakian ke Gunung Merapi.

New Selo

Anda akan melihat kawasan hutan, joglo, warung makan dari ketinggian gardu pandang. untuk menuju ke tempat ini anda bisa sekedar berjalan kaki ataupun dengan menggunakan kendaraan mobil bak terbuka dengan menyewanya. Anda bisa memarkirkan mobil ataudi daerah Komplek Joglo Mandala jika tidak bernyali untuk menuju ke NEW SELO.

10. Agrowisata Sapi Perah Cepogo.
Boyolali yang terkenal bagi produsen susu sapi,tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata agrowisata sapi perah di daerah Cepago.

Agrowisata Sapi Perah Cepogo

Wilayah Cepago memang menjadi salah satu kawasan terbesar di Boyolali yang memiliki hasil perah susu sapinya, para wisatawan datang ke tempat ini untuk melihat proses pengolahan susu, baik dari proses memerah sampai menikmati rasa susu sapi perah langsung.

11. Waduk Bade

Tempat wisata waduk Bade masih menjadi andalan kota Boyolali, diantara waduk-waduk lainnya, waduk bade juga memiliki kesamaan fungsi yaitu untuk fasilitas pengairan sawah, selain itu waduk bade juga sebagai salah satu tempat yang bagus untuk melihat view atau pemandangan gunung merapi dan merbabu.

Waduk Bade

Menikmati sunset dipinggiran waduk adalah salah satu ha yang wajar dilakukan oleh orang yang sedang dimabuk jatuh hati, melepas rasa gundah dan lainnya, di waduk bade tersebut juga terdapat kawasan area lomba burung dan juga tersedia rumah makan lesehan.

12. Kampoeng Air Kragilan

Pemandangan yang asri nan hijau dengan kemerciknya air dari bukit-bukit ini nampak menjadi kekhasan kampoeng air kragilan, anda bersama teman ataupun bersama keluarga sangat cocok untuk dikunjungi karena selain memiliki keindahan alamnya, tempat ini sangat cocok digunakan untuk waktu bersantai yang turut tersedia live music, kantin, waterboom dan lain sebagainya.

Kampoeng Air Kragilan

Lokasi Kampoeng Air Kragilan terletak di desa kragilan, Mojosongo, kabupaten Boyolali. Dukuh Watugenuk. Silahkan anda mencari di Internet review tentang Kampoeng Air Kragilan ya..

13. Brown Canyon
Jika anda sudah sampai di Kampoeng Air Kragilan, jangan terlupa untuk mengunjungi Brown Canyon Ya, salah satu destinnasi yang cocok untuk foto-foto. Tepatnya di sebelah kampoeng air kragilan mojosongo boyolali. Namun, brown canyon ini belum terkenal seperti wisata boyolali lainnya.

Brown Canyon

14. Tikungan Irung Petruk

Tikungan Irung Petruk salah satu tempat wisata lain yang cocok untuk menguji adrenalin kita adalah Tikungan Irung petruk yang berada di Jalur wisata anatara Borobudur dan Selo. Tikungan ini berada di desa Genting, Cepogo, kabupaten oyolali. Sebuah tikungan yang tajam nan sempit dan sering digunakan untuk olahraga flying fox .

Tikungan Irung Petruk

15. Kulineran Khas Boyolali, Sambal Tumpang dan marning Boyolali.
Sambil Tumpang adalah makanan khas yang terbuat dari tempe busuk dihaluskan disertai dengan sambal dan rasanya sangat enak. Biasanya selain menggunakan tempe busuk, Sambal tumpang juga menggunakan tempe semangit dengan bumbu, daun jeruk sambal sehingga rasanya enak. Selain masakan sambal tumpang, kulineran khas boyolali juga menyajikan khas oleh-oleh boyolali yaitu marning sebagai oleh-oleh pulang ke rumah ada beberapa varian rasa yang ada seperti manis, asin, pedas da ane rasa sebagai makan kecil yang banyak dicari buat suguhan dan lainnya.

Sambal Tumpang

Itulah 15 Tempat wisata boyolali yang harus anda kunjungi ketika bepergian di jawa tengah, semoga panduan seputar wisata yang kami sampaikan bisa anda kunjungi setelah anda mengunjungi tempat wisata di Klaten.

Pictures gallery of 15 Tempat Wisata yang ada di Boyolali Jawa Tengah

  • Waduk Kedung Ombo
  • Waduk Cengklik
  • Trekking Gunung Merbabu
  • Tikungan Irung Petruk
  • Taman Air Tlatar
  • Sambal Tumpang
  • Pemandian Umbul Pengging
  • New Selo
  • Kampoeng Air Kragilan
  • Candi Sari
  • Candi Lawang
15 Tempat Wisata yang ada di Boyolali Jawa Tengah | admin | 4.5
Leave a Reply