10 Tempat Wisata Di Bogor & Sekitarnya yang Murah

Thursday, March 19th, 2015 - Alam, Kebudayaan, Tempat Wisata

Seputarwisata.com, tempat wisata di bogor yang murah dan sering dikunjungi  oleh warga dan masyarakat sekitar apa sih? tau nggak ya, kalau anda mau tau simak baik-baik informasi lengkap dari bogor atau datang langsung ke tempat wisata bogor.  Kota bogor dijuluki sebagai salah satu kota dengan curah hujan yang paling tinggisehingga diberi nama sebagai kota hujan selain dari julukan tersebut, kota bogor juga memiliki istilah dengan sebutan Buitenzorg yang berarti aman tentram dan tanpa kecemasan sedikitpun dan  lokasinyapun tidak jauh dari ibu kota Jakarta. Kabupaten bogor memiliki potensi perkembangan ekonomi perdagangan yang cepat. Kabupaten bogor dikenal juga sebagai pusat pendidikan dalam bidang penelitian pertanian nasional sejak abad ke 19 sudah dilakukan berbagai survey dan pendirian berbagai lembaga dan balai penelitian pertanian dan biologi.

Bogor memiliki berbagai macam panorama alam dan tempat wisata yang wajib untuk dikujungi Anda dapat menemukan berbagai macam prasasti dari kerajaan-kerajaan masa silam yang menurut keyakinan orang sundamemiliki hal gaib dan keramat, pengaruh besar dari kerajaan Padjajaran tidak hanya berkuasa di Jawa barat saja melainkan sampai dengan daerah banten dan lampung. Adapun beberapa tempat wisata bogor yang wajib anda kunjungi adalah sebagai berikut ini:

1. Tempat Wisata Istana Bogor

Istana Bogor memiliki sejarah pandang sejak dari masa penjajahan belanda di Indonesia sampai sekarang, Istana bogor didirikan oleh seorang gubernur dari VOC yang bernama Baron Gustaaf Willem Van Imhoof pada tahun 1745. Istana tersebut dulunya dipakai untuk kediaman para gubernur jendral dan pejabat pemerintahan pada masa Hindia-Belanda pada tahun 1870 sampai dengan 1942.  Hingga saat ini istana tersebut berubah sebagai tempat Istana Presiden Republik Indonesia  Pada tahun 1968, pada masa kepemerintahan presiden Suharto Istana tersebut resmi dibuka sebagai tempat wisata dan kunjungan umum dari dalam dan luar negri hampir 10 ribu pengunjung setahunnya. Di dalam istana tersebut terdapat 219 karya pelukis ternama dan 136 patung atau keramik.

Istana Bogor

Istana Bogor

Istana Bogor ini berdiri di atas tanah yang memiliki luas 24 hektar. Dan didalamnya terdapat sebuah kebun besar yang bernama Kebun Raya Bogor. Sebagai salah satu tempat pengembangan penelitian tanaman tropis. Kebun raya bogor melepaskan diri dibawah naungan dari Istana Bogor pada tahun 1817.  Sedangkan dalam istana tersebut berdiri kokoh bangunan Istana dengan luas bangunan mencapai 1,5 hektar untuk bangunan induk dan sayap kanan dan kiri bangunan. Bangunan Induk tersebut memiliki fungsi sebagai tempat pertemuan, upacara dan acara kenegaraan resmi lainnya. Dan untuk bangunan sayap kiri istana bogor digunakna sebagai jamuan para tamu negara beserta kamar tidurnya. Sedangkan untuk sayap kanan bangunan tersebut digunakan sebagai tempat peristirahatan kepala negar yang berkunjung dan terdapat 4 kamar didalamnya.

2. Tempat wisata Kebun Raya Bogor

Tempat wisata kebun raya bogor berdiri di lahan yang berukuran 111 hektar.  Pendiri awal dari kebun raya ini bernama Prof. Dr. Cg Reinwardt, merupakan seorang pakar ahli dari botani Belanda.  Kebun raya Bogor merupakan sebuah tempat pengembangan penelitian tanaman yang memiliki berbagai jenis tanaman  dari dalam dan luar negri yang dilengkapi perpustakaan, laboratorium dan musium zoologi, Kebun raya juga sebagai  tempat penyelidikan ilmih yang terkenal didunia sehingga para ahli botani dari luar dan dalam negri sering berkunjung ke taman wisata kebun raya Bogor untuk penelitian.  Fantastisnya lagi Taman kenu raya bogor memiliki jenis tanaman yang berumur sangat panjang pada tahun 1912 sebanyak 11 pohon yang berasal dari  hutan Sumatera yang ditemukan  oleh ahli dan pakar botani yang berasal dari Italia.

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Kebun raya bogor adalah salah satu tempat rekreasi dan tempat pariwisata yang paling banyak dikunjungi pada hari-hari libur akhir pekan atau pada hari libur nasional.  Selain sebgai tempat wisata dan penelitian tentang tumbuhan, Anda juga dapat menemukan makam istri dari Thomas Stamford yang dulunya sebagai seorang gubernur Jendral Inggris  yang pernah tinggal di  kebun raya bogor. Lebih dari 17 ribu jenis pohon yang ada di kebun raya bogor ini termasuk bunga-bunga langka dan menariknya lagi  adalah sebuah bunga bangkai yang bernama Rafflesia Arnold saat berkembang atau mekar. Ketika bunga ini berbunga maka akan mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat sehingga bunga ini memiliki juga sebagai bunga bangkai.

Taman surgawi di dunia inilah anda dapat menyegarkan otak setelah beraktivitas panjang anda akan menemukan suara burung bernyanyi, terdapat sebuah kolam-kolam yang melengkapi panorama keindahannya beserta dengan pancurannya  yang terdengar gemricik, selain itu taman yang luas tersebut memiliki suasana yang kondusif sehingga anda akan leluasa bermain-main dengan anak dan keluarga.

Jam Buka Istana Bogor dan Kebun raya Bogor ini disesuaikan dengan jam kerja mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 tidak ada waktu libur untuk pegawai karena liburan malahan banyak pengunjung dan dibuka setiap hari  dan untuk  tarif masuk tiket per tahun

3.  Tempat Wisata Taman Safari Bogor

Tempat wisata taman safari bogor ini berbeda dengan taman istana kebun raya bogor, taman safari merupakan salah satu tempat wisata aneka  satwa yang berkeliaran bebas , sedangkan para pengunjunglah yang dikurung  dalam busa tau kendaran mobil yang mereka naiki, mereka dapat menikmati pemandangan alam dari dalam mobil karena tidak dibolehkan untuk keluar dari kendaraan yang dapat membahayakan pengunjung. Anda dapat menikmati polah dari aneka binatang yang berjumlah 2500 binatang didalamnya dari 271 spesies.  Salah satunya tempat wisata yang menyuguhkan binatang liar di dalam sebuah wadah sehingga binatang tersebut tidak dikandangkan dan harus  benar-benar hidup dengan alam.  Taman safari ini berada di desa jatirejo kecamatan prigen dengan ketinggian antara 800 sampai dengan 1500 meter  dari permukaan laut.

Taman safari cisarua bogor

Taman safari cisarua bogor

Sebelum memasuki tempat wisata taman safari bogor para pengunjung diwajibkan untuk  berhenti dipos yang bertujuan untuk tidak mengusik hewan-hewan yang berada di area tersebut.  Ketika memasuki gerbang taman, anda bisa melihat beberapa satwa apa saja yang ada di dalamnya  dengan memotretny dari dekat.  Pengunjung bisa memasuki area satwa  dengan menggunakan pribadi seperti mobil dan tidak diperbolehkan menggunakan motor hanya boleh kendaraan roda empat. Kelebihan dari taman satwa ini dibandingkan dengan kebun binatang adalah pengunjung dapat menyaksikan secara langsung habitat aslinya berdasarkan tempat hidupnya dibagi menjadi 4 kawasan seperti kawasan Amerika, Asia, Eropa dan Afrika.

Anda akan diperlihatkan kawasan demi kawasan mulai dari Kawasan Amerika dengan pemandangan yang menarik seperti seekor beruang kutubyang sedang berjalan dipinggri jalan dan beberapa hewan lainnya seperti beruang madu, kijang dan lainnya. Bagiaman mungkin seekor beruang kutub dapat beradapitasi di lingkungan tropis. Selain itu  pengunjung dilarang untuk membuka jendela  kendaraan ketika memasuki kawasan untuk hewan buas agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.  Didalam Taman tersebut berada pada area kawasan masing-masing  untuk hewan-hewan sebanyak 2500 hewan, sedangkan jam buka taman safari ini mulai pukul 09.00 sampai dengan 17.00. Untuk tarif harga masuk ke taman safari ini dikenakan biaya  50 ribu untuk orang dewasa.

Transportasinya jika anda dari arah jakarta bisa menggunakan transportasi umum kita bisa menuju ke terminal serpong  dari terminal serpong kita menuju bus jurusan serpong- baranang siang. Untuk rute yang akan dilewati adlah Serpong-Puspitek-gunung sindur-parung -Cimanggu-Baranang siang. Setelah dari  baranang siang menuju ke Ciawi dengan rute Baranang siang-Tajur dan berakhir di CIawi dengan menggunakan mikrolet setelah itu menuju ke Cisarua dari ciawai dengan rute  Ciawi-Gadog-cipayung-Cisrua  dari CIsarua anda bisa menggunakan mikrolet untuk dapat menuju ke TamanSafari Bogor

4. Tempat Wisata Mekar Sari

Taman Wisata Bogor Mekarsari

Taman Wisata Bogor Mekarsari

Tempat wisata Mekarsari adalah tempat wisata di Bogor  murah dan terkenal bahkan menjadi salah satu tempat yang menjadi ikon warga jakarta apabila berkunjung ke bogor, Masyarakat Jakarta lebih menyukai liburan ke Bogor dari pada tempat lainnya karena memang bogor adalah salah satu tempat wisata yang dirasa cukup berpotensi seperti wisata di jogja, mekarsari ini sempat ditutup beberapa bulan untuk keperluan renovasi dengan luas taman dengan ukuran 264 hektar dengan fasilitas yang lengkap dan berbagai macam tempat rekreasi dan wahana seperti water kingdom dyang merupakan sebuah wahana wisata air yang mengklaim sebagai wisata  terbesar di Asia.

5. Tempat Wisata Air Panas Ciparay

Air Panas Ciparay

Air Panas Ciparay

Air Panas Ciparay ini adalah sebuah tempat wisata yang teletak di Bogor yang masih sangat alami dengan keadaan suasana yang kondusif dan nyaman setelah perjalanan panjang dari berbagai tempat dan wisata di Bogor. Salah satu pemandian air panas di kolam terbuka yang nyaman ini dapat anda temukan di Desa Ciparay  dengan menuruni anak tangga sebanyak 400 buah anak tangga, Dalam perjalanan menuju ke kolam pemandian air panas ini, alam sekitar masih asri dan belum terjadi kerusakan alam sehingga setibanya di Air panas ciparay anda tidak terasa lelah dan Panas untuk satu orang dikenakan biaya masuk sebesar 4 ribu rupiah.

 6. Tempat Wisata Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor adalah sebuah museum yang terletak di Bogor yang memiliki berbagai macam koleksi kerangka hewan atau museum kerangka hewan seperti namanya yang unik. Hwan yang sudah diawetkan sehingga terbentuk fosil-fosikl  sehingga museum ini dapat memberikan edukasi terhadap anak-anak sekolah tingkat menengah pertama sampai dengan jenjang anak kuliahan. Fosil Hewan tersebut  di koleksi dan dipajang secara gerak keatas. Museum Zoologi Bogor tersebut berada di Kebun Raya Bogor yang berada di dalam Kebun raya Bogor  yang didirikan pada tahun 1984 oleh seorang dokotr dari luar negri yang bernama Dr. J.G Konigsberger, terdapat berbagai macam jenis fosil dengan puluhan ribu mamalia, serangga, reptilia, burung dan terdapat juga hewan jenis purba dan satwa langka.

7.  Tempat Wisata  Danau Situ Gede

Danau Situ Gede

Danau Situ Gede

Danau Situ Gede merupakan tempat wisata alam di bogor yang berada di Situ Gede dengan luas danau sekitar 6 hektar. ANda dapat mengelilingi alam sekitarnya dengan cara menaiki perahu ketengah danau dan berkeliling atau inginjalan rekreasi di Hutan yang ada di sekitaran danau  terdapat banyak rusak disekitar hutan dan Danau, anda dapat bermain-main bersama mereka untuk melepaskan kepentana setelah lama beraktivitas  dengan kepenatan masing-masing.

8. Tempat Wisata  Marcopolo Water Adventure

Marcopolo Water Adventure

Marcopolo Water Adventure

Marcopolo Water Adventure  merupakan tempat wisata bermain yang menarik dan mudah untuk dikunjungi, taman wisata permainan air dengan fasilitas waterboom, kolam air panas, kolam renang anak, dewasa dan beberapa jenis kolam lainnya, Anda juga dapat bermain di Marcopolo Water ini seperti bermain sepeda air , balon air, flying fox dan beberapa jenis permianan dengan dasar Air. Untuk tiket masuknya dikenakan biaya sejumlah 55 ribu rupiah

9.  Tempat Wisata Warso Farm  Bogor

Warso Farm  Bogor

Warso Farm Bogor

Warso Farm merupakan salah satu tempat wisata murah di Bogor yang  berlokasi di Desa Cihideung, Warso farm adalah sebuah kebun yang banyak ditanami oleh Buah Naga dan Durian, yang ditanam di pekarangan tanah seluas 8 hektar. Anda akan dapat menemukan kedua buah tersebut dengan mudah karena pintu gerbang masuk untuk perjalanan wisata ini cukup mudah dikenali yaitu gaya replika buah naga dan durian yang sangat besar. Untuk harga buah di Warso farm kurang begitu jelas, jika anda sudah mendapatkan tolong informasikan kepada kami

10.  Tempat Wisata Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng merupakan salah satu tempat wisata pemandian sumber air panas  yang berada di Ciseeng dan menjadi tempat favorit bagi warga dan masyarakat CIseeng, Berendam air panas yang mengandung belaerang ini bermanfaat sebagai oabat gatal-gatal ataupun anda sekedar melepaskan kelelahan setelah seharian melakukan aktivitas perjalanan, selain menyediakan tempat pemandian air panas di kolam secara alami, dari pihak pengelola juga menyediakan fasilitas seperti permainan untuk orang dewasa dan anak-anak, Biaya untuk masuk ke Air Panas Tirta Sanita ciseeng ini perorangnya dihargai 10 ribu rupiah jangan percaya kepada calo yang menjual harga tiket perorangnya 50 ribu rupiah.

Bagaimana dengan penginapannya di daerah iBogor, anda bisa menginap di  Hotel Duta Bogor dengan kemudahan akses dengan harga yang tidak terlalu mahal yaitu untuk tarif sesuai dengan luas kamar dan fasilitas yang ditawarkan untuk AC dan TV sebesar 100 ribu sampai dengan 150 ribuan yang berada di alamat Jalan Baranang siang II Kavling 7 bogor  deng nomer telpon 0251 315 373 dan di alamat Jalan papandayan No.8 Bogor dinomer kontak 0251 355 314.

Itulah 10 Tempat Wisata  di Bogor yang wajib anda kunjungi ketika berada di Daerah Jawa Barat, Tidak mungkin semua wilayah akan anda jelajahi dengan waktu dan perjalanan yang sedikit, Dalam liburan wisata membutuhkan waktu yang lama  dan perjalana yang panjang.

Pictures gallery of 10 Tempat Wisata Di Bogor & Sekitarnya yang Murah

  • Warso Farm Bogor
  • Air Panas Tirta Sanita Ciseeng
  • Marcopolo Water Adventure
  • Danau Situ Gede
  • Museum Zoologi Bogor
  • Air Panas Ciparay
  • Taman Wisata Bogor Mekarsari
  • Taman safari cisarua bogor
  • Kebun Raya Bogor
  • Istana Bogor
10 Tempat Wisata Di Bogor & Sekitarnya yang Murah | admin | 4.5
Leave a Reply