Inilah Destinasi Wisata Paling Fantastis di Semarang

Google Adsense Here

seputarwisata.com – Selain sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, Semarang juga memiliki kekayaan akan destinasi wisata yang memikat banyak orang. Dari berbagai tempat wisata di Semarang menyuguhkan beragam obyek wisata yang fantastis. Mulai dari wisata alam dengan kesejukan dan kesegaran alam yang menakjubkan, pantai dengan hamparan pasir dan air laut yang menawan, cagar budaya yang masih tetap dijaga kelestariannya hingga wisata religi yang banyak didatangi jama’ah. Semuanya lengkap hal inilah yang menjadikan Semarang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan atau traveler yang pernah mengunjunginya. Bagi traveler yang lainnya jangan ketinggalan untuk segera beranjak menuju kota satu ini temukan sensasi dengan menjelajahi berbagai obyek wisata menarik di kota satu ini. Berikut ulasan destinasi wisata paling fantastis di Semarang.

Google Adsense Here

1. Pantai Marina

Pantai Marina meupakan salah satu obyek wisata favorit di     kota Semarang, Pantai ini menyajikan pemandangan dengan hamparan pasir yang luas serta deburan ombak yang menambah keramaian dan tampilan obyek wisata yang begitu eksotis menunjukkan khas kota Semarang. Akses untuk menuju pantai Marina sangatlah mudah, dari pusat kota Semarang hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 15-30 menit untuk sampai ke lokasi ini. Di sisi utara agak ke timur, air laut pantai ini agak sedikit kecoklatan saat musim hujan, hal ini disebbakan karena di sisi timur pantai ini merupakan wilayah bermuaranya sungai banjir kanal barat.

Pantai Marina

Obyek wisata s

atu

ini

dibuka untuk umum, buka setiap hari selama 24 jam, oleh karena itulah para pengunjung lebih fleksibel karena dapat mendatangi pantai Marina kapan saja sesuai dengan keinginannya, baik untuk olah raga di pagi hari atau hanya sekedar ingin menikmati sunrise, di sore hari untuk menikmati pemandangan pantai dengan suasana yang eksotis dapat menyaksikan langsung matahari terbenam (sunset) , maupun malam hari sambil menikmati berbagai kuliner yang ada disekitar obyek wisata ini.

Di pantai Marina ini para pengunjung dapat naik perahu keliling jika ingin melihat lautnya atau hanya sekedar ingin memancing.Di sini juga disediakan mobil balap mainan bagi pengujung juga penyewaan ban untuk berenang. Disini para pengunjung juga akan menemukan kebun buah naga yang akan menambah keasrian pantai, selain dari faktor pepohonan. Jembatan kayu yang menjorok kepantai bisa dijadikan tempat untuk berfoto dengan latar belakang keindahan pantai Marina.

Obyek wisata ini terletak di jalan Yos Sudarso, sekitar 4 km dari Tugu muda tepat bersebelahan dengan Puri Mareokoco. Jaraknya tidak jauh dari Bandara Ahmad Yani hanya beberapa ratus meter dari bandara tersebut.

2. Pantai Tirang

Berbeda dengan pantai – pantai lainnya karena di pantai Tirang ini kita masih dapat menjumpai pohon – pohon mangrove, bahkan tidak hanya mangrovenya yang eksotis, para pengunjung juga bisa menikmati kecantikan dari terumbu karang yang berada di pantai ini.

 

 

 

Pantai Tirang

Deburan ombak di pantai Tirang sendiri tidak terlalu besar sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain bersama teman – teman. Jika pengunjung datang di sore hari maka dapat menyaksikan langsung keindahan sunset di pantai ini.

Bagi pengunjung yang hobby memamncing tidak salah pilihan karena di pantai ini juga bisa digunakan untuk memancing. Sehingga pengunjung akan lebih puas dan menghabiskan liburannya di pantai ini. Bahkan ada yang mengatakan bahwa pantai Tirang merupakan salah satu obyek wisata yang sangat tepat untuk memancing.

Disini pengunjung dapat menjumpai berbagai macam jenis ikantetapi yang paling mudah dijumpai adalah kakap putih atau Baramundi. Selain itu juga ada ikan dokan atau kedokan yang menjadi salah satu ikan favorit warga setempat.

Bagaimana tertarik dengan keindahan pantai satu ini? Bagi pengunjung yang ingin datang ke pantai Tirang bisa melewati Perumahan Graha Padma. Pantai Tirang sendiri cukup sulit dicapai jika menggunakan kendaraan roda empat. Sehingga kami menyarankan lebih baik pengunjung menggunakan kendaraan roda dua jika ingin menikmati keindahan pantai Tirang ini.

3. Brown Canyon

Keindahan panorama alam yang eksotik nan elegan ini menjadikan Brown Canyon sebagai salah satu destinasi wisata yang banyak dicari lebih menarik lagi ada yang mengatakan sebagai tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi. Karena kegagahan dari tebing-tebing yang menjulang tinggi dipadu dengan adanya pohon-pohon di puncaknya membuat tempat ini sebagai pemandangan yang sangat fantastis namun saying untuk dilewati.

Brown Canyon

Brown Canyon ini sebenarnya bukanlah tempat wisata melainkan perbukitan biasa karena warga sekitar hanya tahu bahwa tempat tersebut hanyalah sebagai tempat penambangan material berupa pasir, tanah urug dan batu padas. Brown Canyon terletak di daerah Rowosari Meteseh Tembalang Semarang, tempat yang lumayan jauh dari pusat keramaian kota Semarang.

4. Goa Rong Tuntang

Goa Rong merupakan sebuah perbukitan pengunjung dapat menikmati pemandangan dari puncak bukit atau ketinggian. Untuk sampai ke Goa Rong lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi karena jalannya sangat menanjak dan butuh konsentrasi berkendara untuk mencapai bukitnya. Lokasi Goa Rong ini dari arah Semarang tidak jauh hanya beberapa meter saja dari jembatan Tuntang. Lebih mudahnya ditandai dengan adanya pos polisi dan baliho wisata Tlogo dan Goa Maria. Orang-orang biasa menyebutnya dengan stasiun Tuntang.

Goa Rong Tuntang

Dari stasiun Tuntang lurus kira-kira 1.8 km. Ketika menemukan lapangan Tlogo bersiap-siaplah menemukan tulisan Gapura Mlandong yang berada di kanan jalan dan menuju desa Delik. Lurus saja sampai menemukan jalan menanjak dan belok kanan. Setelah itu wisatawan tinggal mengikuti jalan tersebut. Dari loket tiket lokasinya masih agak jauh, semakin menanjak panorama alam di sekitar perjalanan semakin indah, walaupun sedikit menakutkan apabila melihat ke bawah dengan jurang yang menganga. Tetapi ini cukup memacu andrenalin kita. Maka dibutuhkan konsentrasi berkendara, tetapi ketika kita sudah berada di bukitnya, rasa lelah dan takut seakan lenyap diganti dengan keindahan panorama alam yang elok menawan hal inilah yang membuat kita rasanya ingin jepret-jepret terus. Dari sini kita bisa melihat hamparan Rawa Pening dan pegunungan yang berada di sekitar seperti Gunung Sindoro, Sumbing, Ungaran, Tolomoyo dan Merapi. Benar – benar menakjubkan sekali pemandangannya.

Disekitar tempat ini juga terdapat kafetaria sehingga kita tidak perlu khawatir apabila kelelahan bisa mampir dan bersantai disini sambil menyantap sajian kuliner yang ditawaran.

5. Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan sebuah gedung kuno di kota Semarang. Gedung yang dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda ini dulunya berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Sebutan dari kata Lawang Sewu yang berarti seribu pintu berasal dari bentuk bangunannya yang mempunyai banyak pintu dan jendela tetapi lebih menarik lagi adalah suasana mistisnya yang dilengkapi dengan arsitektur megah khas jaman dahulu. Gedung Lawang Sewu juga mempunyai lantai bawah tanah yang dulunya difungsikan sebagai penjara. Bagi pengunjung yang berminat untu datang kesini hanya dikenakan harga tiket masuk Lawang Sewu sebesar 10,000 rupiah.

Lawang Sewu

Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu karena bangunan ini memiliki pintu yang sangat banyak tetapi secara kenyataanya, pintu yang ada di Lawang Sewu ini tidak sampai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).

Berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Nomor. 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilestarikan dan dilindungi.

Lawang Sewu berlokasi di Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

6. Museum Rangga Warsita Abdulrahman Saleh

Museum yang berlokasi di jalan Abdurrahman Saleh ini yaitu museum terlengkap di Semarang yang memiliki koleksi sejarah, alam, arkeologi, kebudayaan, era pembangunan dan wawasan nusantara. Dengan nama yang diambil dari nama salah satu pujangga Indonesia, Ranggawarsita, yang terkenal dengan hasil karyanya dalam bidang filsafat dan kebudayaan. Museum Ranggawarsita mempunyai koleksi yang berjumlah 59.802 buah yang terbagi dalam 10 jenis, yaitu geologi, biologi, arkeologi, historika, filologi, numismatic, heraldika, kramologika, teknologika, ethnografika dan seni rupa. Museum Ranggawarsita ini merupakan sebuah aset pelayanan publik di bidang pelestarian budaya, wahana pendidikan dan rekreasi. Pendirian museum pertama kali dirintis oleh proyek rehabilitasi dan permuseuman Jawa Tengah pada tahun 1975 dan secara resmi dibuka oleh Prof Dr Fuad Hasan pada tanggal Juli 1989.

Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 wib. Berjarak sekitar 3 km dari Tugu Muda. Akses menuju lokasi ini sangatterjangkau dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

7. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) berlokasi di Jalan Gajah Raya Semarang, Jawa Tengah Masjid Agung Jawa Tengah Semarang ini dibangun pada 6 September 2002 yang ditandai dengan pemasangan tiang pancang perdana yang dilakukan Menteri Agama RI Prof. Dr. H. Said Agil Husen al-Munawar, KH. MA Sahal Mahfudz dan Gubernur Jawa Tengah, H. Mardiyanto. Tepat pada 14 November 2006 Masjid Agung Jawa Tengah Ini diresmikan oleh Presiden Indonesia ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Masjid Agung Jawa Tengah

Di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang ini terdapat Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah di Tower Asmaul Husna Lantai 2 dan 3, Hotel Graha Agung di sisi Utara dan resto yang memiliki view terbaik di Kota Semarang ini di Tower Asmaul Husna Lantai 18.

MAJT ini difungsikan bukan hanya untuk beribadah saja tetapi juga untuk kegiatan wisata. Selain bangunan utama masjid, juga terdapat berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti ruang akad nikah, auditorium, perpustakaan, penginapan, museum budaya Islam, kafe, toko cenderamata, kereta kelinci, tempat bermain anak-anak, dan sebagainya. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) beralamat Jl. Gajah Raya, Gayamsari, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Artikel ini menyajikan seputar destinasi wisata menarik di

Semarang, dari berbagai opsi tempat wisata di atas Semarang masih memiliki banyak obyek wisata lainnya yang tentunya tak kalah menarik dari seputar obyek wisata yang telah ditulis ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Google Adsense Here