5 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Menakjubkan

Google Adsense Here

Seputarwisata.com (Yogyakarta) – Jogjakarta, siapa yang tidak kenal dengan provinsi ini dengan wisata dan keramahtamahan warga masyarakatnya. Jogjakarta merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satu kabupaten yang memiliki banyak destinasi wisata adalah Kabupaten Gunungkidul. Gunungkidul merupakan sebuah kabupaten yang wilayahnya sebagian besar pegunungan. Wilayah ini berada di sebelah selatan kota Jogjakarta atau sekitar 46 KM dari pusat kota Jogjakarta.

Kabupaten Gunungkidul meskipun sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan tetapi kabupaten ini memiliki potensi wisata pantai yang cukup banyak. Pantai yang terkenal dengan keindahannya dan berada dalam satu garis pantai.pantai satu dengan pantai lainnya memiliki kekhasan sendiri-sendiri.

Google Adsense Here

1. Pantai Baron
Pantai Baron merupakan salah satu pantai yang sudah lama di Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini menawarkan keindahan pantainya dan keberagaman hasil lautnya. Pantai Baron selain sebagai tempat objek wisata, pantai ini juga digunakan sebagai tempat berlabuh perahu nelayan. Sesungguhnya pantai Baron merupakan sebuah teluk dengan dua bukit yang mengapit di sisi kiri dan kanan.

Bila anda berada di sini selain disuguhkan dengan keindahan pantai anda dapat menikmati kelezatan hasil laut dari nelayan. Selain itu, untuk anda yang hobi dengan fotografer anda dapat memanfaatkan perahu nelayan sebagai objek foto. Pantai ini juga tidak begitu besar ombaknya sehingga pantai ini bisa untuk mandi meskipun berada di bibir pantai saja. Bagi anda yang tidak bisa berenang dapat menyewa pelampung ban di sini.

Bila anda ingin menghabiskan waktu seharian di sini, tidak perlu repot lagi untuk mencari penginapan. Tidak jauh dari Pantai Baron terdapat penginapan yang bersih dan harganya terjangkau. Pantai ini berada di wilayah Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

2. Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti terbilang cukup baru di Kabupaten Gunungkidul. Indrayanti saat ini telah menjadi ikon pantai Gunungkidul dan Yogyakarta. Bisa dikatakan begitu karena pantai ini menawarkan keindahan view pantai dengan hamparan pasir putihnya. Tidak hanya itu, air di pantai ini jernih berbeda dengan pantai di Kabupaten Gunungkidul lainnya.

Pantai Indrayanti disebut juga sebagai Pantai Pulang Sawal oleh pemerintah daerah Gunungkidul. Pantai ini cukup populer dengan wisatawan yang datang ke Jogjakarta. Hal tersebut tidak terlepas dari pengelolaan dan infrastruktur yang bagus.

Disepanjang bibir pantai terdapat deretan restoran yang menyediakan berbagai macam menu makanan dari hasil laut dan es kelapa segar. Untuk anda yang hobi bermain-main dengan air anda dapat menyewa jet sky yang banyak disewakan di pantai ini. Bagi anda yang hobi berselfie, anda dapat melakukannya di atas bukit di sebelah kiri timur pantai.

Pantai ini tidak terbatas waktu bagi pengunjungnya yang ingin menghabiskan waktunya. Di sini telah menyediakan cottage sebagai tempat istirahat dan menikmati keindahan wisata Pantai Indrayanti. Pantai ini terletak di Desa Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Untuk dapat memasuki objek wisata ini anda cukup membayar tiket seharga 5 ribu rupiah per orang.

3. Pantai Siung
Objek wisata Pantai Siung berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Objek wisata ini terkenal dengan area panjat tebingnya dengan ketersediaan 250 jalur pemanjatan yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pantai ini sebagian besar berupa batu karang yang berukuran raksasa dengan hamparan pasir putihnya.

Pantai siung sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi ekstrim seperti panjat tebing. Pantai ini sangat populer dengan para pemanjat karena sering mengadakan sejumlah event panjat tebing skala nasional maupun internasional.


Untuk dapat sampai ke Pantai Siung anda harus melalui medan yang cukup berat. Anda dapat menggunakan kendaraan sepeda motor atau pun mobil. Sedangkan kendaraan umum belum dapat menjangkau tempat wisata ini. Cukup sulitnya medan jalan, pengemudi yang datang ke tempat ini harus benar-benar ahli dalam mengemudikan kendaraannya. Tempat ini berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

4. Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal memang belum cukup populer bagi pengunjung yang datang ke Jogjakarta. Pantai Gunungkidul yang satu ini terkenal dengan pemandangan pohon duras yang tumbuh di area sebelum memasuki kawasan pantai. Pantai ini dikelilingi tebing dengan ketinggian mencapai 40 m hingga 60 m dengan hamparan pasir putihnya.

Pantai Pok Tunggal memiliki ombak yang cukup tenang dengan spot pemandangan yang menarik. Selain air tenangnya di pantai ini juga terdapat sumber mata air tawar yang mengalir melalui aliran sungai bawah tanah. Tidak hanya itu, bila anda beruntung, di balik tebing arah timur anda dapat meyaksikan kawanan monyet yang melompat-lompat.

Kawasan wisata Pok Tungga memang tidak begitu ramai pengunjung. Cara terbaik menikmati Pantai Pok Tunggal dengan berkemah serta menikmati sunset dikawasan ini. Untuk memasuki wisata ini anda cukup membayar 2 ribu rupiah saja. Pantai Pok Tunggal berada di wilayah Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

5. Pantai Jogan
Hampir sama dengan Pantai Pok Tunggal, pantai Jogan tentu belum banyak yang mendengarnya bahkan sedikit sekali yang mengetahuinya. Meskipun begitu sebenarnya pantai ini memiliki keindahan pantai yang menarik dan berbeda. Pesona pantai ini karena adanya air terjun yang aliran airnya langsung jatuh ke bibir Pantai Jogan. Ketinggian air terjun ini mencapai 10 meter yang sumber airnya berawal dari perbukitan karst di kawasan Pantai Jogan.

Pantai Jogan ini memiliki bentang alam yang unik dan menarik. Tempat ini dikelilingi tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur. Justru inilah yang menjadikan tempat ini memiliki pesona wisata yang berbeda dan view yang bagus. Selain pesona wiata Pantai Jogan yang indah, anda dapat memanfaatkan keberadaan air terjun. Anda dapat merasakan guyuran air terjun yang airnya jernih. Meskipun begitu, anda perlu waspada dan selalu hati-hati karena untuk sampai ke air terjun ini anda harus menyusuri turunan yang licin dan curam. Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Jogan tidak memerlukan biaya yang banyak, cukup membayar sebesar 3 ribu rupiah saja sudah dapat menimati dan mengeksplorasi keindahan Panta Jogan ini.

Alamat tempat ini berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Rute untuk sampai ke tempat ini dari Jogjakarta: Jogjakarta – Piyungan – Wonosari – ke arah selatan (arah Pantai Baron) sekitar 9 km – terdapat pertigaan Desa Mulo (50 meter sebelum kolam renang) – belok kiri jurusan Mentel – Bintaos – Tepus – pertigaan Winangun/Nangun belok kanan lurus – ada pertigaan belok kanan menuju Pantai Jogan. Pantai ini searah dengan Pantai Nglambor dan Pantai Siung.

Inilah 5 destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata di Gunungkidul yang kebanyakan wisata pantainya. Seperti yang kita ketahui dari namanya Gunungkidul tetapi wilayah ini justru lebih banyak kawasan wisata air daripada kawasan wisata gunung.

Google Adsense Here