5 Tempat Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bandung Raya

Wednesday, January 18th, 2017 - Alam, Tempat Wisata

Seputarwisata.com – Bandung merupakan salah satu kota yang menjadi favorit di daerah Jawa Barat. Kota ini menjadi ikon Provinsi Jawa Barat dengan berbagai infrastrukturnya. Banyak hal yang menarik dari kota yang dijuluki “Paris van Java” ini. Mulai dari tata kota hingga wisatanya menjadi daya tarik masyarakat. Selain itu, kota Bandung juga dikenal sebagai kota kembang.

5-tempat-wisata-alam-yang-wajib-dikunjungi-di-bandung-raya

Salah satu Wisata Alam di Bandung

Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki banyak wisata. Jumlah wisata yang terkenal mencapai puluhan. Wilayah geografis yang sebagian besar berupa dataran tinggi, membuat kota Bandung menjamur wisata alamnya. Berikut 5 wisata alam yang wajib dikunjungi di kota Bandung Raya.

1.Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu merupakan gunung berapi yang terletak di perbatasan Subang dan Lembang. Tepatnya Gunung Tangkuban Perahu terletak di Cikole, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Jaraknya sekira 30 kilometer dari pusat kota Bandung. Gunung Tangkuban Perahu terkenal dengan bentuknya yang menyerupai sebuah perahu yang terbalik. Sesuai dengan namanya konon Gunung Tangkuban Perahu berasal dari Perahu yang ditendang hingga terbalik oleh Sangkuriang. Oleh karena keunikan tersebut banyak wisatawan baik dari lokal maupun manca datang ke tempat ini. Mengunjungi Tangkuban Perahu kurang afdol bila belum berfoto dengan background gunungnya. Untuk itu persiapkan barang yang sekiranya diperlukan. Wilayahnya yang berupa gunung membuat suhu di Tangkuban Perahu cukup dingin. Suhu di tempat ini mencapai 2 derajat celcius. Jadi pakailah pakaian yang tebal agar tidak kedinginan. Fasilitas di tempat wisata ini juga cukup lengkap. Untuk harga tiketnya cukup murah dijangkau semua kalanagan. Hari biasa atau hari Senin-Jumat harganya 20 ribu per orang. Harga tiket untuk weekend atau Sabtu dan Minggu 30 ribu per orang. Sementara itu, untuk tarif parkir antara hari biasa dan weeken berbeda. Tarif parkir hari biasa jenis kendaraan mobil 25 ribu, sepeda motor 12 ribu, bus 110 ribu. Sedangkan tarif parkir untuk weekend, mobil 35 ribu, bus 150 ribu, dan sepeda motor 17 ribu. Jam operasional objek wisata Tangkuban Perahu mulai pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB.

2.Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu wisata alam yang saat ini paling populer di Bandung dan sekitarnya. Kawah Putih Ciwidey merupakan danau kawah dari Gunung Patuha. Kawah ini berjarak sekira 35 kilometer dari pusat kota Bandung. Bila menggunakan kendaraan pribadi dapat ditempuh selama 2,5 jam dari Kota Bandung. Kawah Putih Ciwidey populer dikalangan anak muda. Kawah ini menwarkan pemandangan alam yang indah dan menarik. Tempat wisata ini sering dijadikan foto pre wedding pasangan yang akan menikah untuk sekadar memamerkan keindahan alamnya. Pemandangan yang ada di wisata alam Kawah Putih Ciwidey ini menampilkan warna air yang kebiru-biruan atau hijau apel. Untuk wisatawan yang ingin datang ke wisata ini sangat disarankan membawa jaket yang tebal karena udara yang terdapat di kawah ini mencapai 8-22 derajat celcius. Selain itu, wisatawan disarankan membawa masker karena bau belerang yang cukup pekat. Konon tempat ini dianggap masyarakat angker karena banyak burung yang melewati kawah ini mati. Ternyata setelah diteliti burung yang mati tersebut karena terdapat semburan lava belerang. Jarak antara pintu masuk dengan kawasan Wisata Kawah Putih Ciwidey cuku jauh sekira 5,6 kilometer menanjak atau 10-15 menggunakan kendaraan. Untuk itu, disarankan membawa kendaraan sampai ke lokasi. Harga tiket 15 ribu rupiah untuk mobil sampai ke atas, 35 ribu rupiah untuk sepeda motor, dan 15 ribu untuk tiap individu.

3.Danau Situ Patenggang
Wisata alam Danau Situ Patenggang tidak jauh dengan wisata Kawah Putih Ciwidey. Danau Situ Patenggang hanya berjarak 7 kilometer. Wisata ini berada di kaki Gunung Patuha dan berada di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut. Kawasan ini banyak diminati pengunjung karena pemandangannya yang eksotis. Wisata ini sangat cocok bagi pengunjung yang keindahan alam dan hayatinya. Dahulu Situ Patenggang adalah sebuah cagar alam, namun sejak tahun 1982 diubah menjadi taman wisata alam nasional. Suasana di Danau Situ Patenggang begitu lengkap. Di sini pengunjung akan merasakan udara yang sejuk serta kabut yang tipis-tipis yang membuat suasana tenang. Air danau yang berada di Situ Patenggang pun cukup tenang. Selain itu, bila pengunjung ingin menikmati Danau Situ Patenggang secara langsung dapat menyewa perahu yang banyak disewakan di sini. Harga tiket yang ditawarkan Danau Situ Patenggang pada hari biasa 18 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan 135 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara. Sementara untuk harga tiket weekend untuk wisatawan lokal dipatok 20,5 ribu rupiah dan 185 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara. Tarif parkir untuk roda 2 3,5 ribu rupiah, roda 4 11,5 ribu rupiah, dan bus/truk 22 ribu rupiah.

4.Curug Dago
Wisata alam yang satu ini memang belum terkenal dan kurang populer di telinga wisatawan. Tetapi, sebenarnya wisata Curig Dago ini memiliki keindahan yang menawan. Curug Dago merupakan salah satu wisata air terjun di Bandung yang ketinggiannya sekira 12 meter atau sekira 800 meter di atas permukaan laut. Lokasi Curug Dago dapat dikatakan tersembunyi dan berada di daerah bukit Dago yang masih berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Bandung. Curug Dago ternyata menyimpan sejarah rekam jejak dari kerajaan Thailand. Hal ini terlihat dari peninggalan benda yang berada di kawasan Curug Dago. Terdapat dua buah prasasti batu tulis bekas peningggalan sejarah pada tahun 1818 M. Dari penafsiran para ahli sejarah, prasasti tersebut peninggalan Raja Rama VII atau Pradjathipok Pharaminthara yang berasal dari Dinasti Chakri. Hadirnya dua prasasti tersebut menandakan bahwa Raja Thailand tersebut pernah berkunjung ke Curug Dago. Untuk mencapai kawasan wisata ini tidak mudah. Terdapat dua alternatif jalan untuk menuju Curu Dago. Jalan tersebut, yakni Jalan di seberang Terminal Dago dan melewati Taman Budaya Ganesha Dago atau Dago Tea House yang berada di jalan Ir. Djuanda. Jalan tersebut hanya dapa dilewati dengan kendaaan roda dua atau dapat pula dengan berjalan kaki.

5.Air panas Ciater
Air panas Ciater merupakan salah satu tempat wisata air panas di perbatasan Suabang. Air panas ini terletak sekira 30 kilometer arah utara Kota Bandung. Air Panas Ciater berasal dari sebuah kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu. Air panas ini banyak dikunjungi wisatawan karena selain untuk rekreasi, tempat ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Selai itu, tempat wisatawan ini dapat menghilangkan stress karena aktivitas yang padat.

Itulah 5 tempat wisata alam yang wajib dikunjungi di Bandung Raya. Rekreasi alam cocok bagi wisatawan yang bosan dengan aktivitas kota. Di kawasan wisata alam biasanya membuat suasana hati menjadi tenang dan tenteram. Bila ingin melepas pengat rutinitas kerja dan kota silakan datang ke wisata alam dan nikmati kesejukannya.

Pictures gallery of 5 Tempat Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bandung Raya

  • 5-tempat-wisata-alam-yang-wajib-dikunjungi-di-bandung-raya
5 Tempat Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bandung Raya | yunita m | 4.5
Leave a Reply